Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skill yang harus dipersiapkan Millenial dan generasi Z diera Industri 4.0


Siapkah sobat selaku generasi z dan kaum millenial dalam menghadapi revolusi 4.0?




pakendek11.com- Hallo sobat apa kabar? Semoga sehat selalu dan tetap bersemangat.  Sobat taukah kamu bahwa kita saat ini telah memasuki era revolusi Industri 4.0. Mungkin bagi kalian tidak asing lagi mendengar istilah era revolusi Industri 4.0.

( Sumber : http://m.harianmomentum.com/read/24867/era-revolusi-industri-40-semakin-terdepan)

Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah perubahan yang diakibatkan berkembang pesatnya teknologi kedalam dunia industri. Istilah revolusi 4.0 muncul pada tahun 2011 di dalam sebuah pameran Industri di kota Hannover, Jerman. Dulu nya, gerakan ini cuma disebut dengan Istilah “ Revolusi Digital” atau “ Revolusi Teknologi”.

Tanda kemunculan era revolusi industri 4.0 adalah; Pertama, Hal yang paling dirasakan saat revolusi industri 4.0 adalah internet. Pada era revolusi 4.0 semua komputer tersambung pada sebuah jaringan yang sama.  Komputer juga berubah bentuk kecil dan dapat digenggam manusia. Sebagai contoh yaitu; Smartphone.

Kedua, Revolusi Industri ditandai dengan berbagai macam temuan robot ahli di dunia. Hal ini disebabkan karena konsep dari Revolusi Industri 4.0 ialah automatisasi yang di lakukan mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Hal tersebut dilakukan untuk efesiensi waktu produksi pada sebuah perusahaan, tenaga kerja dan biaya.

Dengan masuknya era revolusi industri 4.0 ini. Sobat selaku generasi Millenial atau generasi z yang merasakan adanya sebuah revolusi 4.0 harus memerlukan skill untuk menghadapinya.

Lalu skill apa saja yang di butuhkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ? Nah, simak penjelasan singkat berikut ini ya sobat.


Kreativitas



Kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk menemukan sebuah cara atau sesuatu yang bersifat original dan unik. Kemampuan ini sangat penting sekali dalam menghadapi revolusi industri 4.0.  Sebab pada gerakan ini sangat banyak memerlukan inovasi-inovasi baru dalam pekerjaan yang dibutuhkan.

People Management



People management hampir sama dengan Leadership yaitu menjadi pemimpin bagi banyak orang mau itu di organisasi, bermasyarakat, lingkungan kerja dan lain sebagainya.  People Management dapat di kembangkan saat mengkuti Organisasi atau Ekstrakurikuler.

Emotional Intelligence


Emotional Intelligence atau yang lebih sering dikenal d ini engan kecerdasan emosional merupakan suatu sifat yang dapat mengatur emosi diri manusia.  Dalam hal ini termasuk kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola, dan memanfaatkan emosi.

Pada era revolusi industri 4.0  diri manusia dituntut untuk mengatur emosi secara bijak tidak bersifat kekanak-kanakan atau yang lebih dikenal labil. Diri manusia harus dewasa dalam bertindak serta bersifat bijak kepada orang banyak.


Kemampuan Berbahas Asing


Bukan hal yang mustahil skill yang satu ini harus dan benar-benar wajib dikuasai dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.  seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya revolusi industri 4.0 muncul pada sebuah pameran Industri di kota Hannover, Jerman.

Berarti gerakan revolusi ini akan dirasakan secara global atau seluruh umat manusia di dunia dan di berbagai belahan negara merasakannya. Maka dari itu sangat penting bagi sobat menguasai bahasa asing. Agar bisa berkomunikasi antar negara.



Berpikir Kritis


Berpikir Kritis merupakan sifat diri seseorang yang dapat menganalisis atau mengevaluasi serta mengidentifikasi suatu masalah yang dihadapi.  Ciri- ciri orang yang berpikir kritis salah satunya yaitu ; mampu membedakan antara kritik membangun dan tidak membangun, mampu menyimpulkan suatu masalah yang dihadapi, dapat membuat daftar hubungan masalah dengan cara sistematis.

Dalam kehidupan memang sangat diperlukan untuk berpikir kritis. Pada era revolusi industri 4.0 seluruh informasi dapat diakses dengan cepat. Hal ini diakibatkan perkembangan dunia informasi dan teknologi terjangkau dengan cepat.

Apalagi dengan maraknya beredar berita bohong atau Hoax.  Sikap berpikir kritis memang sangat diperlukan untuk memilih serta memilah informasi yang masuk dan mnegidentifikasi setiap masalah yang dihadapi.

Orientasi layanan



Orientasi layanan merupakan kegiatan yang memungkinkan seseorang untuk beradaptasi dan memahami dengan lingkungan baru.  Diri harus bisa beradaptasi dalam lingkungan baru dan suasana baru. Sebagai contoh : pemahaman tentang teknologi. Perlu diingat revolusi 4.0 merupakan revolusi industri pengembangan teknolgi Informasi dan komunikasi. 

Terampil bernegosiasi


Negoisasi merupakan sebuah keterampilan untuk menyelesaikan masalah melalui kesepakatan dalam diskusi.  Kenapa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 harus terampil dalam bernegosiasi?
Menurut penulis, keterampilan itu sangat diperlukan. Sebab dalam dunia kerja ataupun bermasyarakat.

Kita harus bijak dalam berdiskusi dan menyelesaikan masalah dalam musyawarah.
Tanpa adanya terampil dalam bernegosiasi akan mustahil masalah akan dapat diselesaikan ataupun dipercahkan dalam diskusi dan musyawarah.



Nah hal-hal berikut merupakan salah satu skill yang sobat harus miliki dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 .  Sudahkah sobat memiliki salah satu skill tersebut? ayo kita sama-sama fokus dalam meng-Upgrade skill kita agar siap menghadapi era revolusi industri 4.0 ini. 




Posting Komentar untuk "Skill yang harus dipersiapkan Millenial dan generasi Z diera Industri 4.0"