Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakter yang paling penting untuk generasi millenial dan generasi z Indonesia.






7 Millennial Disruption - MIX Marcomm
Sumber : ( https://mix.co.id/marcomm/7-millennial-disruption/)


pakendek11.com- Karakter atau biasa disebut watak adalah sifat bathiniah seseorang yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, tabiat, dan budi pekerti seseorang didalam kehidupannya. Karakter didalam diri seseorang memiliki berbagai macam keragaman yaitu; pemarah, penyabar, ceria, pemaaf, tidak percaya diri, percaya diri,bijaksana, pendiam, pendendam, dengki, pengkhianat, penyayang, egois, baperan, tamak, dan lain sebagainya.

Karakter manusia terkadang susah di ubah, karena karakter ialah sifat dasar yang melekat diri masing-masing seseorang. Didalam kehidupan bermasyarakat seseorang dinilai dan dilihat dari karakternya. Karakter seseorang selalu diidentikkan dengan  norma moral sedangkan karakter itu sendiri sama sekali tidak ada kaitannya dengan moral.

Walaupun susah untuk mengubah karakter seseorang. Bukan menjadi hal yang mustahil jika seseorang ingin merubah karakternya menjadi lebih baik, seseorang akan menjadi baik kedepannya jika seseorang tersebut ingin merubah karakternya .

Karakter akan terbentuk dari diri seseorang apabila seseorang itu telah menginjak usia jenjang remaja hingga dewasa. Maka barulah karakter itu mulai menonjol pada diri seseorang.

Namun kebanyakan orang pasti bertanya apakah karakter sama dengan sifat? Nah jawabannya berbeda. Ada perbedaan antara sifat dan karakter yaitu : Sifat akan muncul ketika ada respon ransangan seperti; pemarah dan penyayang. Sedangkan, Karakter cenderung kepada permasalahan kejiwaan seseorang.  Karakter mempunyai cakupan yang lebih luas. Karakter tidak timbul dari adanya ransangan.

Dalam era perkembangan teknologi dan industri 4.0 yang sudah di bahas di artikel kemarin. Penulis ingin membahas sedikit tentang beberapa karakter yang harus dimiliki oleh generasi millenial dan generasi z saat ini apakah itu simak penjelasannya ya sobat!


Jujur

Sobat kalian pasti pernah mendengar istilah ‘ Kejujuran ialah mata uang yang paling berharga di seluruh dunia’. Ya benar sekali, istilah itulah yang selalu penulis pakai hingga saat ini.  Jujur ialah sifat yang selalu mengeluarkan kata-kata dan memberikan informasi atau juga melakukan sesuatu dengan keadaan yang sesungguhnya. Jujur merupakan sifat yang berasal dari dorongan hati nurani.

Open Minded / Berpikir Terbuka

Orang yang open minded selalu diidentikkan dengan orang yang mau menerima perubahan dan hal-hal baru. Orang yang memiliki karakter open minded tidak sembarang memvonis suatu perihal masalah dengan satu kali pemikiran.

Melainkan seseorang yang memiliki karakter open minded akan mengidentifikasi serta menganalisis masalah yang sedang dihadapinya. Orang yang mempunyai karakter open minded akan cenderung lebih suka mendiskusikan ide-ide baru.

Biasanya orang yang memiliki karakter open minded akan mampu menerima dua pemikiran dalam konsep yang berbeda, orang yang mempunyai karakter open minded juga memproses suatu pemikiran dan melakukan redefinisi dari apa yang dia pahami. Orang yang seperti ini akan tahu kapan dia harus memberikan kritik, saran, dan harus berargumen.


Sabar


Pada zaman era digital, anak Millenial khusus nya di Indonesia harus memiliki karakter ini. Sebab, karakter ini harus dimiliki karena di zaman digital penuh dengan aroma persaingan yang sangat sengit.
Liberalnya Ilmu dan Terbatasnya Iman - oknews.co.id
Sumber : (https://oknews.co.id/liberalnya-ilmu-dan-terbatasnya-iman/)





Dalam menghadapi persaingan di era digital karakter yang wajib harus dimiliki adalah kesabaran yang tinggi.  Contoh singkatnya ialah : lapangan pekerjaan yang semakin sempit dan semakin langka.

Hal ini di sebabkan oleh semakin banyak nya pertumbuhan jumlah penduduk dari hari ke hari bahkan tahun ke tahun. Belum lagi banyak nya persaingan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia dikarenakan kebijakan pemerintah yang kurang sesuai untuk mensejahterakan pemuda-pemudi bangsa.


Kritis

Bersikap kritis atau mempunyai karakter kritis bertujuan untuk menguji suatu pendapat atau masalah atau bisa juga sebuah ide dan gagasan, didalam berpikir kritis juga harus melakukan pertimbangan atas gagasan yang telah di ajukan.
Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis ~ Fatkhan.web.id
Sumber : ( http://fatkhan.web.id/pengertian-kemampuan-berpikir-kritis/)



Inovatif dan Kreatif

Generasi Millenial wajib mempunyai karakter yang inovatif dan Kreatif. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan teknologi yang semakin pesat.  Generasi millenial dan generasi z dituntut untuk mempunyai ide yang inovatif dan kreatif dalam menciptakan karya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Berbagai inovasi memang banyak diperlukan. Terlebih lagi dibidang teknologi.  Maka dari itu generasi millenial dan generasi z dituntut harus berkarakter inovatif dan kreatif.

Hemat

Pada era digital saat ini keperluan dan nafsu untuk belanja sangat tinggi.  Terlebih lagi kita mempunyai keinginan mempunyai barang-barang yang bermerk dan berkualitas tinggi.  Hal ini mungkin menjadi faktor pendorong untuk kita melakukan pemborosan.

Disinilah karakter hemat sangat diperlukan bagi kaum millenial dan generasi z. Dengan berhemat dapat membuat generasi millenial dan generasi z menjadi sosok yang sederhana dan tidak hidup berlebihan. Uang yang di kumpulkan pada proses berhemat dapat bermanfaat untuk keperluan di masa mendatang.



Itu saja karakter yang dapat penulis uraikan. Jika ada kesalahan dalam kepenulisan atau penyampaian kata-kata silahkan isi di kolom komentar. Jika artikel kepenulisan ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman, keluarga, pacar, gebetan, atau yang lainnya.


Terima Kasih.


Posting Komentar untuk "Karakter yang paling penting untuk generasi millenial dan generasi z Indonesia."