Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal si Buah Zaitun

Mengenal  Profil tanaman, dan Khasiat Zaitun serta Produk Unggulannya





Sumber : https://www.winnetnews.com/post/sering-merasa-tidak-cocok-dengan-minyak-zaitun-ini-penjelasannya

pakendek11.com- Halloo sobat keren pak endek. Apa kabar? Kembali lagi dengan pak endek didalam blog dan tulisan ini. Semoga sobat keren sekalian dalam keadaan sehat dan tetap selalu bersemangat di tengah situasi pandemi kali ini.

Sobat keren kali ini pak endek akan membahas tentang buah kecil banyak manfaat yaitu Buah Zaitun. Pasti kalian udah pada pernah mendengar nama buah yang satu ini. Baiklah tanpa panjang lebar simak tulisan ulasan singkat berikut ini ya sobat keren.

Checkidot.....

Buah Zaitun  atau bahasa latinnya ( Olea Europaea ) merupakan sejenis tanaman pepohonan kecil dan berwarna hijau, buah usia muda nya dapat dimakan mentah atau sesudah diawetkan sebagai penyegar.  Pada usia yang cukup tua buah zaitun ini di peras dan minyaknya dapat di ekstrak menjadi produk minyak zaitun yang digunakan untuk bermacam keperluan.  Zaitun termasuk salah satu suku Oleaceae.


Tanaman ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Mempunyai bunga yang hampir menyerupai bentuk lonceng

2. Pendek dan agak gemuk, tingginya jarang melebihi 8-15 m, kecuali pada varietas Pisciottana yang      lebih besar dan tinggi.

3. Daun tunggal yang mempunyai kedudukan berhadapan tanpa mempunyai daun penumpu

4. Daun berwarna hijau keperakan 

5. Daun mempunyai bentuk lonjong dengan memiliki panjang sekitar 4-10 cm dan memiliki lebar          sekitar 1-3 cm.

6. Mempunyai tekstur batang yang keriput dan terpelintir

7. Bunga berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga memiliki bentuk kecil berwarna putih          berbulu dengan calyx dan corolla berbelah sepuluh, terdapat dua stamen dan stigma bifid,                    biasanya tumbuh pada kayu tahun sebelumnya.

8. Buah zaitun berbentuk kecil berupa buah batu ( drupe ), mempunyai panjang sekita 1- 2,5 cm             dengan memiliki biji endosperma. Buahnya memilki bentuk lebih kurus dan kecil pada tanaman          liar dibandingkan pada pembudidayaannya.

Sobat keren pak endek, perlu kalian ketahui dari zaman Alkitab, pohon zaitun menjadi simbol kesucian, kedamaian dan persatuan. Para Peneliti dan Arkeolog menemukan bahwa tanaman buah zaitun berasal dari sekitar 8.000 tahun yang lalu.

Menurut Besnard, Sekitar kurang lebih 6.000 tahun yang lalu, para ilmuan peneliti dan arkeolog menemukan bukti produksi minyak zaitun di tanah Palestina. Namun, untuk lebih tahu dimana secara persis buah zaitun untuk pertama kali di budidayakan masih menjadi perdebatan hangat para ilmuan,peneliti dan ahli arkeologi dunia.

Zaitun Dalam Agama Islam

Sobat keren apakah kalian tahu bahwa zaitun disebut-sebut didalam Al-Qur’an? ya, selain buah kurma ternyata zaitun juga tertulis didalam Kitab Suci Ummat Islam dunia yaitu Al-Quran.


Sumber : https://bibitbunga.com/product/tanaman-zaitun/


Allah berfirman dalam Al-qur’an, "Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit Sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-bainya." (At-Tin: 1-3)

"... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) ..." (An-Nur: 35)

Al- Qurtubi juga mengatakan bahwa, buah zaitun merupakan tanaman yang memilki sejuta manfaat diantaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Minyak ini dapat dijadikan sebagai lauk-pauk, minyak oles dan gosok ataupun dapat dijadikan sebagai bahan bakar.

Rasullullah SAW. Juga pernah bersabda didalam hadist shahih yang berbunyi:
"Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Tanaman buah zaitun juga dituliskan keistimewaannya didalam Al-Qur’an didalam Al- Qur’an surah Al –Mu’minun ayat 20 Allah SWT berfirman,  "... dan pohon (zaitun) keluar dari bukit Sinai menghasilkan minyak dan pewarna makanan bagi orang-orang yang makan.”

Minyak Zaitun merupakan minyak yang satu-satunya bisa dikonsumsi langsung atau diminum langsung setelah diekstrak.

Manfaat minyak zaitun bagi tubuh manusia.

Sobat keren seperti yang telah dijelaskan pada tulisan di atas. Bahwa minyak zaitun dapat dikonsumsi atau di minum secara langsung tanpa dimasak atau di olah terlebih dahulu.  Banyak sekali manfaat minyak zaitun bagi tubuh manusia. Berikut uraian singkat  manfaat minyak zaitun yang dapat dirasakan :

Checkidoottt.....

Sumber :  tribunnews.com/kalbe-health-corner/2019/11/12/fisik-menua-atasi-dengan-5-manfaat-zaitun-ini



      1.   Menurunkan Kadar Kolesterol

Sobat keren, manfaat utama dan pertama yang dapat kita  dapatkan jika mengkonsumsi minyak zaitun ialah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Hal ini disebabkan karena kandungan minyak zaitun terdapat campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterool buruk yang terdapat didalam sel darah kita. Tidak hanya itu kandungan campuran antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun dapat mempertahankan kadar koleterol baik didalam sel darah.

     2.  Menurunkan Resiko terkena penyakit jantung

Kandungan Polifenol yang terapat pada minyak zaitun juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung lho sobat keren, tidak hanya itu dengan mengkonsumsi minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Namun sobat keren pak endek juga harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan sehat, dan harus rutin berolahraga, serta diiringi dengan istirahat dengan jumlah yang cukup, jangan lupa pula untuk selalu menghindarii stress.


    3.  Mengontrol kadar tekanan darah

Sobat keren pak endek, tahukah kalian ? Jika Minyak zaitun di konsumsi secara rutin dapat mengontrol tekanan darah. Dari itu lah minyak ini sangat cocok dan baik untuk dikonsumsi pada penderita hipertensi yang ingin mengontrol tekanan darahnya.

    4.  Mencegah menumbuhnya sel kanker

Sobat keren perlu diketahui bahwa kandungan antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun dapat menolong tubuh dalam menangkal radikal bebas, hal ini dapat membantu pencegahan tumbuhnya sel kanker didalam tubuh manusia. Namun, jangan lupa untuk diimbangi dengan pola makanan yang sehat serta diiringi dengan olah raga yang teratur.

    5.  Menyesuaikan berat badan

Minyak Zaitun bisa menjadi pilihan buat sobat keren yang lagi menjalani program diet. Penyebabnya ialah kandungan antioksidan yang terdapat didalam kandungan minyak zaitun cukup tinggi. Tentu hal ini menjadi dampak baik dalam menjaga keseimbangan berat badan dan mencegah obesitas. Sekali lagi, jika diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin.

Produk Minyak Zaitun HNI-HPAI


HNI- HPAI adalah perusahaan bisnis Halal obat herbal yang terpercaya yang ada di Indonesia.. Perusahaan ini resmi didirikan pada tanggal 19 Maret 2012.

Sobat keren pak endek, di HNI-HPAI ada satu penawaran produk minyak zaitun yang berkualitas tinggi.

Sumber : https://hni.net/product/detail/extra-virgin-olive-oil
EXTRA VIRGIN OLIVE OIL
Extra virgin olive oil adalah minyak zaitun berkualitas terbaik (grade A) yang diproduksi secara alami dengan aroma dan citarasanya istimewa dengan kadar keasaman kurang dari 0.8%.
100% extra virgin olive oil yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit serta aman dikonsumsi secara langsung.

KEGUNAAN
Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

KOMPOSISI
Extra virgin olive oil 100%

ATURAN PAKAI
Pagi : 1 sendok makan
Malam : 1 sendok makan

HARGA
Rp 35.000 (30/8)
Netto 350gr


·        * Untuk Pemesanan dan konsultasi produk dapat meng-comment di bawah blog ini......

Refrensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Zaitun

https://tekno.tempo.co/read/459928/asal-usul-pohon-zaitun-berhasil-terungkap/full&view=ok

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4748163/keistimewaan-buah-zaitun-dalam-al-quran

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-manfaat-minyak-zaitun-bagi-kesehatan-tubuh


https://hni.net/product/detail/extra-virgin-olive-oil




Posting Komentar untuk "Mengenal si Buah Zaitun"