Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barang Mewah yang menjadi kebutuhan saat ini

 


 

 

pakendek11.com- Haiii... Sobat keren pak endek dimana pun berada. Berjumpa lagi dengan saya selaku penulis di blog ini. Semoga kita sehat selalu dan terhidar dari virus yang masih menjadi trending dan viral saat ini.

Perkembangan zaman telah terjadi saat ini. Tanpa kita sadari telah banyak hal yang telah berubah hingga detik ini. Contoh yang sedikit sederhana, lingkungan rumah tempat tinggal kita. Pernah atau tidak sobat keren merenung dan memikirkan apakah dilingkungan sekitar tempat sobat tinggali itu mengalami suatu perubahan?

 

Sumber : https://www.federaloil.co.id/detail/umum/09/18/5103-kamu-harus-tahu-inilah-sejarah-sepeda-motor-di-indonesia?


Jawabannya pasti pernah merenung hal seperti itu. Dulu pada zaman kakek-nenek atau Bapak-ibu sobat mungkin menempati kawasan yang sobat tinggali itu masih berbentuk sederhana atau masih hutan, sawah, ladang disekitarnya.

Namun lihatlah sekarang sobat. Tempat tinggal disekitar sobat mungkin ada beberapa perubahan yang telah terjadi. Ada keramaian penduduk yang dulunya itu lahan kosong.

Coba satu lagi kalian renungkan. Untuk generasi kelahiran 2000-an atau sebelumnya pasti pernah merasakan, jika ingin berangkat ke sekolah memakai kendaraan seperti sampan, atau sepeda ataupun jalan kaki. Tapi lihatlah, sekarang berubah total. Banyak sekali anak-anak disekitar kita yang dijemput orangtua nya memakai sepeda motor ataupun memakai mobil.

Perubahan demi perubahan tidak dapat kita pungkiri dan dihindari itu menjadi hal yang pasti. Terlebih lagi diera sekarang ini teknologi memang berkembang pesat. Pesan makanan, minta antar sana-sini tinggal pesan dan klik di telepon pintar.

Belanja online juga menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Terlebih disaat pandemi, masyarakat diharuskan berada di rumah dan tidak boleh kemana-mana. Hal ini lah yang menaikkan hasrat konsumen untuk berbelanja online.

Namun pernahkah sobat keren berpikir seperti ini?  “ Dulu aku punya keinginan mempunyai barang mewah, eh kini barang itu menjadi sebuah kebutuhan pada saat ini.”  Keheranan pasti sobat keren rasakan, toh dulu barang ini mewah banget disaat sobat keren masih remaja, ataupun menginjak usia remaja.

Nah, barang-barang apakah itu? Ingin tahu? Yuks baca ulasan singkat nya ya....

Bekicot... eits salah Chekidot....

 

Sepeda Motor

Dulu waktu zaman kakek-nenek atau orang tua sobat masih muda. Sepeda motor merupakan barang yang tergolong mewah. Hanya tertentu saja yang memiliki kendaraan sepeda motor. Namun tau kah sobat sepeda motor masuk ke indonesia pada tahun 1893. Oleh orang inggris yang bernama John C Potter. Walau Indonesia pada saat itu masih di jajah oleh kolonial Belanda namun bukan orang belanda yang membawa sepeda motor ke indonesia melainkan orang inggris.

Sobat tahukah kamu harga sepeda motor zaman dahulu dibanderol dengan harga yang sangat murah. Tapi untuk saat itu nilai dari uang tersebut sangat susah dicari makanya tergolong barang mewah.

Harga motor pada zaman dahulu berkisar pada harga 50-260 Ribu Rupiah saja. Hal ini terbukti dengan adanya potongan surat kabar lama yang berjudul Tjatatan Harga Sepeda Motor.

Meski begitu walaupun harga sepeda motor pada dahulu begitu murah, tapi daya beli masyarakat sangat turun sekali. Pasalnya pada zaman dahulu mungkin disebabkan usia negara kita negara Republik Kesatuan Indonesia saat itu masih dalam tahap berkembang. Maklumi saja, Indonesia kala itu masih baru mau menginjak kemerdekaan.

 


Laptop, Komputer, Internet

 

 

Sumber : https://www.federaloil.co.id/detail/umum/09/18/5103-kamu-harus-tahu-inilah-sejarah-sepeda-motor-di-indonesia?



Kenapa penulis memasukkan tiga komponen ini? Penyebab nya kita semua pasti mengetahui bahwa pada era digital saat ini tiga komponen tersebut memang sangat dibutuhkan. Apalagi saat musim pandemi covid-19 ini masih berlangsung semuanya serba Online.

Kita bahas laptop dan komputer dulu,  Pada tahun 1967 pemasangan komputer di Indonesia dimulai. Sejak saat itu juga pemasangan komputer di Indonesia pada instansi-instansi mulai meningkat.  Saking meningkatnya pemasangan komputer terutama pada instansi pemerintah. Sehingga saat itu pemerintah merasa perlu untuk mengadakan penggunaan peralatan komputer dan membentuh sebuah badan yang dikenal saat itu dengan nama BAKOTAN ( Badan Koordinasi Otomatisasi Administrasi Negara.

Pada tanggal 4 Juli 1969 sebuah badan tersebut dibentuk dan difungsikan sebagai konsultan yang akan membeli ataupun menyewa peralatan komputer. Dulu kalangan tertentu saja yang mempunyai komputer dirumah. Ya, sebab harga dulu terbilang lumayan mahal. Bayangkan saja, jika dahulu dirumah ada menyimpan sebuah peralatan komputer pasti sudah menjadi orang terkaya saat itu.

Nah, bagaimana dengan internet?

Sobat keren, Internet di Indonesia dimulai sejak tahun 1990-an. Pada saat itu jaringan internet di Indonesia dikenal dengan nama paguyuban network. Karena semangat kerja sama,kekeluargaan, dan gotong royong sangat terasa diantara pelakunya.

Whois ARIN dan APNIC mencatat, protokol Internet (IP) pertama di Indonesia. UI-NETLAB (192.41.206/24) merupakan alamat IP pertama di Indonesia. IP ini di daftarkan dari Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988.  RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994.

Namun kini tiga komponen ini tidak menjadi barang mewah lagi. Sebab tiga Komponen ini sangat dan bahkan harus dimiliki oleh sebagian masyarakat untuk berbagai pekerjaan. Terlebih lagi didalam situasi kali ini.

 

 Handphone, Android

 

Nah, teruntuk barang ini pasti udah familiar dengan sobat.  Pasalnya kemana-kemana pasti dibawa dan tidak pernah lupa barang ini. Setiap indvidu pasti mempunyai barang ini.

Handphone android merupakan sebuah barang yang menjadi kebutuhan saat ini. Perkembangannya bisa sobat lihat dan rasakan. Dahulu Handphone digunakan hanya untuk telepon dan sms. Namun seiring berkembang nya zaman. Handphone bertransformasi dan berubah fungsi.

 

Sumber : https://kliknklik.com/blogs/5-handphone-android-terbaru-harga-1-jutaan/


Handphone sekarang sudah mempunyai fitur yang lumayan lengkap. Dimulai sudah ada fitur kamera foto dan video, Mp3 musik dan berbagai fitur lainnya. Bahkan handphone sekarang sudah hampir sama memiliki fungsi dengan laptop dan komputer.

Sobat tahukah kamu? Pada era tahun 70-an di benua biru eropa sudah menerapkan teknologi seluler sebagai teknologi komunikasi. Sedangkan, di Indonesia sendiri menerapkan sebelas tahun kemudian. Tahun 1984 teknologi seluler Indonesia mulai dicetuskan. Saat itu masih berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).

Sobat mungkin itu saja yang dapat penulis bahas tentang Barang Mewah yang menjadi kebutuhan saat ini. Mungkin ada yang ingin menambahkan dari pembaca silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Share tulisan ini, ke teman dan keluarga. Sebab berbagi itu indah.

Penulis juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pembaca apabila terdapat kesalahan kata atau penulisan. Terima kasih kepada sobat keren pak endek yang selalu membaca tulisan di website ini.

 

 Refrensi :

https://www.federaloil.co.id/detail/umum/09/18/5103-kamu-harus-tahu-inilah-sejarah-sepeda-motor-di-indonesia?

https://www.100kpj.com/motonews/295-intip-daftar-harga-motor-baru-zaman-dulu-paling-mahal-rp260-ribuan

https://tekno.kompas.com/read/2010/04/01/18352875/Menelusuri.Perkembangan.Ponsel.di.Indonesia

Posting Komentar untuk "Barang Mewah yang menjadi kebutuhan saat ini"