Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memulai Diet Yang Baik dan Benar Khusus Pemula



7 Cara Memulai Diet Yang Baik dan Benar Khusus Pemula- Banyak sebagian orang mengetahui bahwa diet yang baik dan benar adalah mengurangi jumlah porsi makan setiap saat. Padahal tidak seperti itu, masih banyak kegiatan yang harus kamu lakukan dalam menjalani cara diet yang baik dan benar.

Diartikel kali ini, akan dibahas Cara Memulai Diet yang Baik dan Benar Khusus Pemula. Tidak hanya itu diartikel ini kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang ilmu diet yang murah tanpa merogoh kocek yang dalam.


7  Cara Memulai Diet Yang Baik dan Benar Khusus Pemula.


 

Diet itu apa?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang bagaimana Cara memulai Diet Yang Benar. Terlebih dahulu kamu harus tahu diet itu apa?

 

Dilansir dari hellosehat.com diet itu berasal dari bahasa yunani yang berarti cara hidup Diet juga diartikan sebagian orang yaitu sebagai cara untuk mengatur jumlah dan memilah makanan untuk mencapai suatu target tertentu. Contohnya saja yaitu dalam menentukan target menurunkan berat badan, mengendalikan tekanan darah, mengendalikan tekanan kolesterol tubuh dan lainnya.

 

Bagaimana cara memulai diet yang ampuh?

Sebenarnya, untuk menjawab pertanyaan ini tergantung dari diri kamu masing-masing. Sejauh mana kamu bisa konsisten dalam melakukan diet yang benar.

Namun disini akan dibahas tentang secara umum bagaimana orang-orang dalam melakukan diet. Simak ya, agar kamu mendapatkan Insight nya.

 

Jangan jadikan hari liburmu menjadi penghalang diet.

Biasanya pada waktu santai dan libur kerja.  Kita akan selalu dirumah saja, tanpa pergi kemana-mana. Apalagi saat ini, musim pandemi yang memang harus dirumah saja.

Kalau lagi malas diluar, biasanya perut akan selalu keroncongan dan selalu saja selalu ingin makan. Namun ingat! Jika kamu lagi melakukan program diet. Itu harus kamu lawan.

Jangan sampai program dietmu gagal karena mager dirumah. Tapi, jangan juga memaksakan diri kamu untuk tidak makan sama sekali.

Bikinlah aturan yang menetapkan bahwa ada hari dimana kamu harus diet seperti :

Libur diet disaat dihari spesial. Contohnya : merayakan hari raya keagamaan bersama keluarga, berkumpul bersilaturrahmi bersama keluarga, dan merayakan hari ulang tahun.

Menentukan Jam makan. Walau disaat berlibu, jangan biarkan kamu menuruti hawa nafsu mu dengan makan secara terus menerus. Tentukan waktumu dimana kamu akan bisa menikmati dan menyantap makanan dengan enak. Misalnya disore hari dan jangan pada waktu dimalam hari.

 

Rutin minum air putih

Setiap hari kamu harus selalu mengkonsumsi banyak cairan namun tanpa pemanis buatan, pewarna, ataupun perisa. Hal ini dilakukan agar kamu dapat terhidar dari dehidrasi.

Kamu perlu selalu membiasakan mengkonsumsi rutin air putih disaat kamu sebelu makan dan akan ketika lapar. Sinyal lapar yang datang tiba-tiba biasanya disebabkan oleh tubuh yang lagi merasa haus.

Untuk itu, disaat kamu sedang lapar. Cobalah kamu meminum air putih dan lihat bagaimana hasil yang kamu rasakan.

 

Menghindari olahan dan Instan


Sekarang ini banyak sekali jajanan yang dapat kamu temui diluar. Jajanan tersebut disajikan secara instan dan menggunggah selera makan. Namun bagi kamu yang ingin diet dan menjaga pola makan. Kamu wajib mengkontrol dan menghindari jajanan olahan diluar.

Karena didalam jajanan tersebut terkadang mengandung gula, lemak tak sehat dan lain sebagainya. Kandungan tersebut dapat membuat berat badan mu naik bahkan kamu akan mengalami obesitas.

 

Istirahat yang cukup

Manusia mempunyai standar pola istirahat yang cukup itu 8 jam perhari. Dengan menerapkan istirahat seperti itu, tubuh manusia akan kembali segar dan siap menjalani aktivitas dengan semangat tanpa loyo.

Tidak hanya itu, otak juga akan berfungsi dengan baik apabila manusia menerapkan jam istirahat 8 jam per hari. Untuk kamu yang lagi diet ini juga membantu, dengan istirahat kamu akan dapat mengurangi sedikit nafsu makan mu disaat jam-jam tertentu yang dapat membuat berat badanmu bertambah.

 

Mengurangi kebutuhan kalori

Kalori yang berlebihan ternyata juga berdampak pada bertambahnya berat badan mu. Dengan membatasi serta mengurangi kebutuhan kalori kamu sudah dapat membakar kalori yang ada ditubuhmu agar berat badanmu berkurang.

Diluar sana banyak sekali makanan-makanan serta minuman-minuman yang berkalori tinggi. Nah ini akan menjadi PR kamu bagaimana kamu bisa mengurangi asupan kalori-kalori tersebut.

 

Olahraga secara rutin

Dari perkataan tersebut, mungkin bagi kamu sudah tidak asing lagi. Yups, memang jika kamu ingin mengurangi berat badan maka kamu harus berolahraga secara rutin.

Olahraga secara rutin dapat dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu dan waktu yang terbaik untuk berolahraga ialah disaat matahari akan terbit di pagi hari.

 

Mengkonsumsi Serat

Harus kamu ketahui bahwa serat itu terdiri dari dua jenis. Yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis ini sama-sama ada manfaatnya bagi tubuh kamu.

 

Serat larut ialah jenis suatu serat yang dapat larut ke dalam air. Contohnya kacang polong, buncin, brokoli, jeruk, wortel, lobak, barley, dan apel.

Nah sedangkan serat yang tidak larut itu adalah serat yang tidak bisa dilarutkan kedalam air. Contohnya tepung gandum utuh, kacang tanah, mentimun,tomat,kentang.

Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi makanan yang dapat mengandung serat, kamu bisa mendapatkan nya didalam sereal kemasan. Hal ini dikarenakan penyajiannya cukup mudah dan cepat. Ini juga bisa menjadi pilihan mu ketika kamu memiliki jadwal yang begitu padat.

 

Penutup

Demikian tulisan yang dapat pak endek sampaikan mengenai 7  Cara Memulai Diet Yang Baik dan Benar Khusus Pemula. Semoga dengan membaca tulisan ini pak endek berharap kamu akan mendapatkan Insight nya.

Pak endek juga ingin meminta pendapat dan komentar nya dibawah. Jika kamu merasa tulisan ini sangat bermanfaat silahkan share ke seluruh medsos kamu.

Terima Kasih dan sampai jumpa..

 

Posting Komentar untuk "7 Cara Memulai Diet Yang Baik dan Benar Khusus Pemula"