Indonesia Tetap Cerdas Ditengah Pandemi

 

pakendek11.com- Pada awal tahun 2020 tepatnya kurang lebih enam bulan lalu Indonesia telah dilanda sebuah bencana tanpa tampak wujudnya. Bukan seperti angin puting beliung, atau bukan seperti gelombang tsunami.  Namun bencana yang melanda Indonesia saat ini ialah sebuah virus yang datang dari wuhan, Tiongkok bernama covid 19 atau yang lebih dikenal masyarakat ramai yaitu virus corona.

Covid – 19 atau Virus corona hingga saat ni telah banyak mengubah peradaban manusia di belahan dunia khususnya negara kita tercinta negara kesatuan Republik Indonesia.  Virus corona telah banyak mengubah atau merombak segala bidang yang ada di Indonesia. Mulai dari bidang Kesehatan ; banyak warga atau masyarakat di negara ini yang sudah terinfeksi bahkan ada yang sampai meniggal dunia.


Sumber : Youtube.com Webinar Series 9 Kemendikbud

Dan tidak hanya di bidang kesehatan, pada bidang perekonomian di negara Republik Indonesia yang kita cintai ini nyaris lumpuh. Semua perusahaan kini mulai membatasi jumlah karyawan yang ada di perusahaannya dan juga pembatasan gaji dan jam kerja.

Apakah pada bidang pendidikan Indonesia juga terimbas?

Jawabannya, Iya. Dibidang pendidikan di Indonesia hingga saat ini juga terimbas dari virus Covid-19 atau Virus corona. Dari data yang ada sudah banyak guru bahkan murid tertular virus covid- 19 atau virus corona. Untuk itu, melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah kebijakan baru yaitu belajar daring atau online dari rumah.   

Dengan kebijakan ini nantinya diharapkan akan bisa mengontrol penularan wabah virus Covid -19 atau Virus corona yang menular kepada guru dan murid disekolah. Pemerintah melalui Kemendikbud juga tidak mau mengambil resiko jika mengajar tatap muka harus dilakukan.

Memang dengan kebiasaan baru dan kebijakan baru di era pandemi saat ini telah menuai banyak pro dan kontra.  Berbagai pendapat muncul dan digaungkan pada kebijakan baru ini.

Pendidikan Indonesia memang wajib di tuntut harus berjalan seperti biasanya. Namun ditengah kondisi pandemi saat ini kita memang tidak diharuskan untuk bertatap muka langsung. Menjaga kesehatan, selalu menggunakan masker dan kebiasaan cuci tangan secara rutin memang harus di lakukan.


Sumber : Youtube.com Webinar Series 9 Kemendikbud


Maka dari itu pemerintah harus mengambil kebijakan belajar dari rumah atau daring atau online. Mau tidak mau semua masyarakat yang berperan didalam dunia pendidikan harus melakukan dan melaksanakan kebijakan tersebut. Walaupun mungkin masyarakat didaerah terpencil susah sekali untuk mendapatkan sinyal dan akses internet yang cukup, hal ini juga harus menjadi perhatian kepada pihak pemerintah secara lebih agar seluruh rakyat Indonesia merasakan pendidikan yang layak ditengah pandemi.

Sila kelima yang berbunyi, “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” harus ditegakkan. Indonesia cerdas ditengah pandemi memang harus digaungkan. Masa Pandemi kali ini memang tantangan kita bersama baik dari kalangan Pemerintah ataupun Masyarakat harus saling bersinergi dalam membangun Indonesia maju dan cerdas.

Keadilan dan Kemakmuran harus dilaksanakan secara menyuluruh tanpa ada perbandingan apapun. Kita semua sama memiliki hak yang sama yaitu memiliki hak untuk menjadi kaum yang terdidik walau ditengah situasi pandemi.

Sekian tulisan dari saya. Mohon maaf jika ada kesalahan kata. Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Ayo kita bersinergi mewujudkan Indonesia cerdas walau ditengah pandemi.





Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi