Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Corak Insang Jati diri Kota Pontianak

Motif kain cantik dari Kota Khatulistiwa




Sumber : ( Foto Istana Kesultanan Pontianak dari akun Facebook : Pak Endek )


pakendek11.com- Jika menyebut kota Pontianak apa yang sobat pikirkan? Apakah Kota yang panas karena terletak di pusat garis Khatulistiwa? Atau Kota yang dialiri Sungai Kapuas? Yaitu sungai yang terpanjang di Indonesia.

Kota Pontianak merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini juga menjadi jantung Provinsi Kalimantan Barat dari segala bidang. Dari perekonomian sampai pariwisata. Kota Pontianak juga menjadi pintu gerbang dari Provinsi Kalimantan Barat.

Banyak sekali informasi yang bisa kita kutip dari Kota yang berjuluk Kota Khatulistiwa ini. Mulai dari sejarah peradaban, budaya cultur, sosial, bahkan kuliner. Namun sobat kali ini saya akan sedikit membahas tentang motif yang telah menjadi jati diri dari kota ini, motif itu dikenal dengan nama Corak Insang.

Selayang Pandang Tentang Corak Insang


Tenun Corak Insang merupakan motif khas dari suku melayu yang berada di kota pontianak. Motif ini dikenal dari berdirinya masa kesultanan Kadriah ( Kesultanan Pontianak ) pada tahun 1771 M di bawah kekuasaan kepemimpinan sultan pertama yaitu : Syarif Abdurrahman Al-qadrie hingga sekarang.  Kain motif Corak Insang dahulunya hanya dipakai untuk kalangan keluarga dan kerabat kesultanan Kadriah. 

 Foto Kain Corak Insang( Sumber dari akun FB : Amri Tanjong Tanjak )

Pada saat itu juga, fungsi dari kain bermotif  Corak Insang dijadikan sebagai identitas status sosial bagi satu keluarga atau kelompok dalam berkehidupan bermasyarakat atau dipakai saat diadakannya pertemuan antar kerajaan.  Motif Corak Insang saat itu juga menjadi salah satu tolak ukur dalam sebuah keterampilan seorang anak dara atau gadis  saat menenun kain.

Kain bermotif Corak Insang juga memiliki fungsi lain yaitu : sebagai hadiah raja saat merayakan yaumil milad atau hari kelahiran, sebagai iringan rombongan pengantin  dan pembawa sirih pinang saat acara pernikahan atau saat acara-acara adat melayu lainnya.

   Pakaian Adat Melayu menggunakan kain corak insang ( Sumber : Akun Fb : Amri Tanjong Tanjak)


Kain motif Corak Insang juga digunakan sebagai kain pelengkap busana adat melayu pontianak. Kain ini juga kenakan bagi kaum adam untuk baju teluk belanga, sedangkan bagi kaum hawa  digunakan untuk pelengkap baju kurung.  Corak Insang mempunyai makna gambaran peradaban masyarakat Kota Pontianak yang bergantung pada sungai Kapuas. 

Seiring berkembang nya zaman kain bermotif Corak Insang kini tidak hanya dipakai untuk kalangan Istana kesultanan saja. Namun juga biasa dipakai seluruh masyarakat di Kota Pontianak. 



Lomba Desain Motif Corak Insang 2020

Dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya motif tenun Corak Insang  ditengah situasi pandemi Covid-19 Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kota Pontianak. Melaksanakan kegiatan lomba desain motif corak insang. Tema yang di ambil untuk perlombaan ini iala Corak Insangku, Ini Jati Diriku. Sobat bagi yang punya skill atau kemampuan untuk mendesain dan ingin memperlihatkan serta menunjukkan hasil karyamu coba deh kalian ikutan dalam ajang perlombaan ini.

Konferensi Pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020
Ketua Dekranasda Kota Pontianak mengatakan bahwa meskipun a da keterbatasan gerak di era New Normal  namun ide dan inovasi untuk berkreasi tidak akan ada batasannya, selalu saja ada cara untuk tetap menciptakan inovasi dan karya.



Beliau juga mengatakan bahwa lomba ini akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku dan seluruh kegiatan mulai dari pendaftaran, Interview, dan Mentoring akan dilakukan via daring atau via online kemudian proses Technical Meeting akan dilaksanakan dengan menggunakan applikasi ZOOM. Nah, untuk sobat yang ingin ikutan kegiatan ini boleh dibaca beberapa info kegiatan dibawah ini ya!

Persyaratan dan Ketentuan Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020 :

Peserta merupakan warga Kota Pontianak

-  Kategori peserta umum, usia 14 tahun sampai dengan 45 tahun ( Bagi peserta yang belum  mempunyai KTP  dapat melampirkan KK) 

-  Peserta mendaftarkan diri secara Individu ataupun kelompok maksimal dua orang 

-  Peserta wajib mem-Follow akun Instagram Dekranasda Kota Pontianak @dekranasdapontianak 

-  Pendaftaran secara gratis tanpa dipungut biaya

-  Karya harus asli, orisinil, bukan tiruan dan belum pernah dipublikasi kan di media apapun atau belum pernah diikutsertakan pada perlombaan sebelumnya

-  Desain harus dapat diaplikasikan ke dalam kain tenun

-  Peserta wajib mengirimkan 2 desain, kategori Desain Motif Tenun Corak Insang Asli dan kategori Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi.

-  Sketsa dibuat dalam bentuk digital berwarna dengan ukuran minimal 1 meter x 1,05 meter dengan format file JPEG dan TIFF resolusi minimal 150 DPl. Mengisi setiap sketsa dengan : Profil Peserta, Judul Rancangan, Deksripsi Detail Rancangan, misalnya keterangan gamber/ objek dalam motif di Form gambar ukuran A3 yang telah disediakan

Desain motif tenun harus memiliki border atau kaki kain


Format formulir Desain Motif dapat diunduh melalui link yang terdapat di bio Instagram          @dekranasdapontianak

-  Kegiatan ini dilakukan via daring  oleh karenanya proses yang dilakukan baik pendaftaran,
interview, dan mentoring dilakukan via daring atau online. Proses Technical Meeting menggunakan applikasi ZOOM.

-  Hasil karya peserta lomba menjadi hak milik Dekranasda Kota Pontianak.

-  Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan  didiskualifikasi dan tidak dapat diikut sertakan dalam proses penilaian

Karya sudah diterima paling lambat tanggal 13 september 2020  pukul 24.00 WIB

Pendaftaran Dan Penyerahan Sketsa L

11 Agustus – 13 September 2020

Hadiah Pemenang :

Kategori Desain Motif Corak Insang Asli
  • Pemenang I: Rp. 6.500.000,-
  • Pemenang II: Rp. 6.000.000.-
  • Pemenang III: Rp. 5.500.000,-
Kategori Desain Motif Corak Insang Kreasi
  • Pemenang I: Rp. 6.500.000,-
  • Pemenang II: Rp. 6.000.000.-
  • Pemenang III: Rp. 5.500.000,-
*Masing-masing pemenang juga mendapatkan plakat/piagam penghargaan dari Wali Kota Pontianak.

Link pendaftaran: http://bit.ly/LombaDesainMotifCorakInsang2020


Info Pendaftaran :
      Whatssapp  : 0896-0414-4644
       Whatssapp : 0895-2397-0711
       Instagram   : @dekranasdapontianak
       Lokasi          : Jl. Sultan Abdurrahman No. 140 ( 09.00- 16.00 Wib)

Sobat, pada kegiatan ini diharapkan akan ada muncul perancang yang inovatif dan kreatif akan tetapi membuka wawasan bahwa motif Corak Insang bisa dijadikan salah satu pilihan dalam berkreasi dibidang fashion sendiri sehingga dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat ditengah era New Normal.


Referensi:

Tenun Corak Insang: https://id.wikipedia.org/wiki/Tenun_Corak_Insang

Press Release Deskranasda Kota Pontianak: Lomba Desain Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020

Posting Komentar untuk "Corak Insang Jati diri Kota Pontianak"