Apa Gejala Penyakit Stroke Beserta Pencegahannya?

 

Gejala Penyakit Stroke Beserta Pencegahannya




Penyakit Stroke merupakan salah satu  penyakit yang menyebabkan terjadi nya kematian nomor satu didunia. Sudah banyak  penderita stroke didunia ini telah meninggal dunia bahkan ada juga yang kritis. Penyakit ini merupakan penyakit yang berkategori gawat darurat. Berarti jika ada penderita yang baru terkena harus cepat ditangani.

Banyak dari kita yang bertanya apakah penyakit stroke bisa sembuh total? Menurut halodoc.com penyakit ini bisa disembuhkan asalkan cepat melakukan penanganan secara baik dan juga membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama.

Jumlah penderita stroke di Indonesia terdapat sekitar kurang lebih 550.000 pasien baru pengidap stroke pada setiap tahunnya dan kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah. Angka ini cukup tinggi dan menempati urutan ketiga sebagai penyakit yang menyebabkan kematian di Indonesia setelah kardiovascular dan kanker.

Stroke disebabkan oleh apa ? Secara umum penyebab penyakit stroke sangat bervariasi, mulai dari pola makan, faktor keturunan, tekanan darah tinggi, hingga pengaruh efek samping dari obat-obatan pengencer darah.

Untuk faktor makanan yang menjadi penyebab stroke kita jangan berlebihan makan makanan yang berlemak tinggi seperti daging asap, kerupuk, kue kering dan gorengan.

Nah, untuk pembahasan nya mari simak penjelasan berikut.

Pengertian penyakit Stroke

 Untuk mengenali lebih lengkap tentang penyakit ini. Kita harus tahu dulu tentang pengertiannya. Penyakit stroke adalah suatu kondisi sebuah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah yang menuju ke otak berukurang. Hal ini diakibatkan adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya pasokan darah, otak tidak bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel yang terdapat pada otak yang terdampak akan segera mati.

Matinya sel otak akan menyebabkan tubuh tidak dapat dikendalikan secara normal. Untuk itu perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk meminimalisir tingkat kerusakan pada otak dan kemungkinan terjadinya komplikasi.

 

Gejala Penyakit Stroke Yang ditimbulkan

 Gejala Penyakit Stroke seperti yang telah penulis paparkan diatas yaitu sangat variatif. Namun pada sub bab kali ini akan di bahas seacara rinci dan ringkas tentang gejala yang ditimbulkan.


 

Gangguan Masalah panca Indera sampai ke syaraf

Untuk gejala yang ditimbulkan seperti ini termasuk ke dalam kategori gejala stroke ringan. Gejala seperti ini dapat terjadi kapan saja, dimana saja, secara tiba-tiba.

Menurut para ahli di National Institutes of Health. Gejala stroke ringan yang pada umumnya terjadi ialah :

-          Perubahan pada indera di tubuh seperti Pendengaran, penglihatan, rasa dan sentuhan.

-          Perubahan respon kewaspadaan seperti ngantuk dan hilangnya kesadaran.

-          Perubahan mental

-          Melemahnya otot-otot dibadan

-          Hilangnya keseimbangan

-          Kurangnya Kontrol atas kandung kemih dan usus

-          Terjadi nya permasalahan pada organ syaraf seperti sering terjadi kesemutan atau mati rasa.


      Selain gejala-gejala yang dituliskan di atas, ada pula gejala lainnya yang akan mungkin sering terjadi muncul. Seperti

 

-          Tekanan darah tinggi secara tiba-tiba

-          Salah satu sisi bagian mulut dan wajah menurun

-          Kelelahan yang terjadi secara mendadak

-          Kesemutan pada area tubuh

-          Cara bicara yang tidak jelas

-          Terjadi kelumpuhan pada lengan dan kaki

-          Kehilangan keseimbangan

-          Pandangan menjadi kabur,buram atau terjadi kebutaan

-          Kesulitan pada memahami kata-kata orang lain.

 

 

Gumpalan Yang Terjadi Akan Hancur Sendiri

Secara umum stroke terjadi akibat adanya gumpalan-gumpalan seperti udara atau lemak yang terdapat pada pembuluh darah otak. Gumpalan ini memiliki ukuran yang kecil. Dari penyumbatan inilah yang nantinya akan menghambat aliran darah dan memicu kurangnya nutrisi dan oksigen di otak. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi dari otak itu sendiri.

Namun, gumpalan ini akan hancur dengan sendirinya. Jadi jangan terlalu khawatir, otak akan kembali berfungsi secara normal, sehingga juga tidak dapat mengakibatkan kerusakan yang bersifat lama atau permanent.

 

Pencegahan Pada Penyakit Stroke


website Kemenkes RI


Penyakit stroke dapat dicegah sebelum terjadi cukup parah. Cara pencegahan nya yaitu :

 

-          Hindari Asap Rokok

-          Atur Pola Makan

-          Cek Up Kesehatan Secara Rutin

-          Berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu

 

Tidak hanya itu, ada juga aktivitas yang harus dikurangi untuk mencegah terjadinya penyakit ini yaitu dengan mengurangi stress dan duduk di meja komputer terlalu lama. Hal ini disebabkan karena dapat memicu aliran darah menjadi tersumbat karena otot-otot tidak dapat melakukan peregangan.

 

 

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada salah dan penyampaian. Mohon dimaafkan. Jangan lupa tinggalkan pesan, komentar, serta saran di kolom bawah. 


Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi