Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Gejala Penyakit Stroke Beserta Pencegahannya?

 

Gejala Penyakit Stroke Beserta Pencegahannya




Penyakit Stroke merupakan salah satu  penyakit yang menyebabkan terjadi nya kematian nomor satu didunia. Sudah banyak  penderita stroke didunia ini telah meninggal dunia bahkan ada juga yang kritis. Penyakit ini merupakan penyakit yang berkategori gawat darurat. Berarti jika ada penderita yang baru terkena harus cepat ditangani.

Banyak dari kita yang bertanya apakah penyakit stroke bisa sembuh total? Menurut halodoc.com penyakit ini bisa disembuhkan asalkan cepat melakukan penanganan secara baik dan juga membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama.

Jumlah penderita stroke di Indonesia terdapat sekitar kurang lebih 550.000 pasien baru pengidap stroke pada setiap tahunnya dan kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah. Angka ini cukup tinggi dan menempati urutan ketiga sebagai penyakit yang menyebabkan kematian di Indonesia setelah kardiovascular dan kanker.

Stroke disebabkan oleh apa ? Secara umum penyebab penyakit stroke sangat bervariasi, mulai dari pola makan, faktor keturunan, tekanan darah tinggi, hingga pengaruh efek samping dari obat-obatan pengencer darah.

Untuk faktor makanan yang menjadi penyebab stroke kita jangan berlebihan makan makanan yang berlemak tinggi seperti daging asap, kerupuk, kue kering dan gorengan.

Nah, untuk pembahasan nya mari simak penjelasan berikut.

Pengertian penyakit Stroke

 Untuk mengenali lebih lengkap tentang penyakit ini. Kita harus tahu dulu tentang pengertiannya. Penyakit stroke adalah suatu kondisi sebuah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah yang menuju ke otak berukurang. Hal ini diakibatkan adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya pasokan darah, otak tidak bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel yang terdapat pada otak yang terdampak akan segera mati.

Matinya sel otak akan menyebabkan tubuh tidak dapat dikendalikan secara normal. Untuk itu perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk meminimalisir tingkat kerusakan pada otak dan kemungkinan terjadinya komplikasi.

 

Gejala Penyakit Stroke Yang ditimbulkan

 Gejala Penyakit Stroke seperti yang telah penulis paparkan diatas yaitu sangat variatif. Namun pada sub bab kali ini akan di bahas seacara rinci dan ringkas tentang gejala yang ditimbulkan.


 

Gangguan Masalah panca Indera sampai ke syaraf

Untuk gejala yang ditimbulkan seperti ini termasuk ke dalam kategori gejala stroke ringan. Gejala seperti ini dapat terjadi kapan saja, dimana saja, secara tiba-tiba.

Menurut para ahli di National Institutes of Health. Gejala stroke ringan yang pada umumnya terjadi ialah :

-          Perubahan pada indera di tubuh seperti Pendengaran, penglihatan, rasa dan sentuhan.

-          Perubahan respon kewaspadaan seperti ngantuk dan hilangnya kesadaran.

-          Perubahan mental

-          Melemahnya otot-otot dibadan

-          Hilangnya keseimbangan

-          Kurangnya Kontrol atas kandung kemih dan usus

-          Terjadi nya permasalahan pada organ syaraf seperti sering terjadi kesemutan atau mati rasa.


      Selain gejala-gejala yang dituliskan di atas, ada pula gejala lainnya yang akan mungkin sering terjadi muncul. Seperti

 

-          Tekanan darah tinggi secara tiba-tiba

-          Salah satu sisi bagian mulut dan wajah menurun

-          Kelelahan yang terjadi secara mendadak

-          Kesemutan pada area tubuh

-          Cara bicara yang tidak jelas

-          Terjadi kelumpuhan pada lengan dan kaki

-          Kehilangan keseimbangan

-          Pandangan menjadi kabur,buram atau terjadi kebutaan

-          Kesulitan pada memahami kata-kata orang lain.

 

 

Gumpalan Yang Terjadi Akan Hancur Sendiri

Secara umum stroke terjadi akibat adanya gumpalan-gumpalan seperti udara atau lemak yang terdapat pada pembuluh darah otak. Gumpalan ini memiliki ukuran yang kecil. Dari penyumbatan inilah yang nantinya akan menghambat aliran darah dan memicu kurangnya nutrisi dan oksigen di otak. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi dari otak itu sendiri.

Namun, gumpalan ini akan hancur dengan sendirinya. Jadi jangan terlalu khawatir, otak akan kembali berfungsi secara normal, sehingga juga tidak dapat mengakibatkan kerusakan yang bersifat lama atau permanent.

 

Pencegahan Pada Penyakit Stroke


website Kemenkes RI


Penyakit stroke dapat dicegah sebelum terjadi cukup parah. Cara pencegahan nya yaitu :

 

-          Hindari Asap Rokok

-          Atur Pola Makan

-          Cek Up Kesehatan Secara Rutin

-          Berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu

 

Tidak hanya itu, ada juga aktivitas yang harus dikurangi untuk mencegah terjadinya penyakit ini yaitu dengan mengurangi stress dan duduk di meja komputer terlalu lama. Hal ini disebabkan karena dapat memicu aliran darah menjadi tersumbat karena otot-otot tidak dapat melakukan peregangan.

 

 

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada salah dan penyampaian. Mohon dimaafkan. Jangan lupa tinggalkan pesan, komentar, serta saran di kolom bawah. 


14 komentar untuk " Apa Gejala Penyakit Stroke Beserta Pencegahannya?"

  1. stroke ini memang patit diwasadai ya kak
    dan harus dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat

    BalasHapus
  2. Ternyata pandangan menjadi kabur, buram atau terjadi kebutaan itu juga merupakan gejala dari penyakit stroke ya. Selama ini seringkali menduganya karena hal lain, misal kurang tidur, kelelahan di depan gadget, atau lainnya. Penting untuk tahu bermacam gejala stroke biar kita bisa lebih waspada dan periksa sesegera mungkin buat mencegah sakit menjadi lebih parah ya.

    BalasHapus
  3. Yuk ah giatkan lagi olahraga. Jangan sampai gejala menyerang kita. Itu beberapa ada yang sudah saya alami juga lho. Aduh jangan sampai deh

    Semoga kita semua sehat selalu ya... Aamiin...
    Terimakasih ulasannya Mas

    BalasHapus
  4. Memang sebaiknya saat pekerjaan mengharuskan kita duduk berlama-lama di depan laptop/komputer harus diselingin aktivitas lain. Saya sendiri setiap 2 jam, suka gerakan dikit entah itu ambil air minum ke pantry, atau sekedar merenggangkan otot.

    BalasHapus
  5. Ngerih yah, semoga membaca artikel ini untuk menjadi pengingat untuk saya dan pembaca lainnya.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  6. Stroke ngeri banget dan bisa menyerang siapa saja, makanya saya skrng rutin olahraga meskipun aktivitas pada merayap. Minimal yoga atau jogging pagi-pagi..

    BalasHapus
  7. Baca postingan ini inget kakekku yang meninggal setahun setelah terkena stroke. Sedih banget. gara-gara jatuh di kamar mandi langsung ga bisa ngapa-ngapain. Walaupun penangannya cepet tapi kakekku tetep ga bisa normal kembali. huhu

    BalasHapus
  8. Wah aku jarang banget olahraga. Kayaknya harus perbaiki pola makan dan diatur waktu buat olahraga biar dijauhkan dari stroke. Serem.

    BalasHapus
  9. Punya kenalan yang salah satu sisi wajah/mulutnya turun, katanya akibat sering kena angin AC yang dingin. Trus jadi kepikiran, apa ini juga gejala dari stroke?

    BalasHapus
  10. Gk hanya menyerang orang usia lanjut ya. Struk ini bisa menyerang siapa saja.

    Apalgi dipengaruhi gaya hidup dan pola makan yg ga sehatn

    Aku sering tahunya memnagcara bicara jadi pelo ya itu indiksi struk paling mudah dilihat. .
    Wah kak artikelnya manfaat nih.

    Reminder buat kami juga

    BalasHapus
  11. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan senantiasa dijauhkan dari penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya Stroke ini. Aaamiin.

    Terima kasih atas tulisannya, Kak. Sangat informatif dan memberikan pencerahan.

    Salam hangat.

    BalasHapus
  12. Suamiku pekerjaannya menggambar dan bisa semalaman duduk di meja kerjanya. Rokoknya jg kenceng bgt. Aku pengen pelan2 ngubah kebiasaannya tapi kan tetep gak bisa maksa ya huhu semoga bisa segera dicegah sebelum kena penyakit2 berat deh. Makasih infonya Kakk

    BalasHapus
  13. emang harus banget jaga kesehatan dan imunitas badan yaa apalagi kondisinya sekarang lagi ga baik-baik aja sekarang tuh. Jangan sampai imun lehah ga sehat sampai terkena gangguan stroke ya

    BalasHapus
  14. Aku ada beberapa kenalan yang terkena stroke, dan mereka dulunya perokok lumayan keras. Jadi inget gimana sebelnya dulu pas diingatkan tentang jangan merokok saat di tempat kerja, tetapi ya gitu lah ngeyelnya. Begitu sakit, semua sudah terlambat. sedih.

    BalasHapus