Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rempah dapur yang bermanfaat untuk meredakan flu

 

Rempah dapur yang bermanfaat untuk meredakan flu
Sumber : pixabay.com



pakendek11.com- Indonesia kini dilanda musim pancaroba. Musim pancaroba merupakan sebuah musim peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan begitu juga sebaliknya. Musim pancaroba hanya terjadi di negara-negara yang tropis dan hanya memiliki dua musim.

 

Pada musim pancaroba penyakit yang sering timbul ditengah masyarakat ialah flu atau Influenza. Penyebab dari penyakit Influenza rata-rata disebabkan oleh adanya serangan virus. Ada sekitar kurang lebih 100 jenis virus yang bisa menyebabkan Influenza. Virus tersebut ternyata sangat rentan terhadap penularan.a atau bersin oleh penderitanya. Namun selain itu penularan bisa terjadi jika ada benda-benda yang tersentuh oleh si penderita-nya.

 

Untuk melakukan pencegahan penularan virus Influenza yang dapat kita lakukan ialah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selalu mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya terutama tisu-tisu bekas dan kotor, dan mengkonsumsi vitamin C secara teratur, minum banyak cairan terutama air putih hangat. Dikabarkan jika air putih hangat dapat membantu mengencerkan dahak dan  lendir sehingga mudah untuk dikeluarkan, dan jangan lupa istirahat yang cukup.

 

Untuk saat ini banyak sekali obat-obat generik di apotik beredar. Namun ada juga herbal-herbalan untuk kita yang alergi terhadap obat generik dan takut akan efek samping dari obat generik. Lebih istimewa nya kita bisa dapatkan obat herbal ini ke dapur kita. Yuk simak penjelasannya.

Kencur

Sumber Gambar : hellosehat.com




Senyawa flavonoid,saponin,polifenol, dan minyak atsiri yang terkandun dalam rempah yang satu ini sangat dipercaya sebagai anti-bakterial.  Kencur memiliki khasiat yang bisa digunakan untuk meredekan flu.

 

Cara meracik rempah yang satu ini untuk menjadi ramuan yang berkhasiat untuk meredakan flu ini pun cukup mudah, yaitu tinggal membersihkan kencur dahulu dan menggeprekkan-nya, lalu setelah itu di rendam dengan air hangat atau panas. Minumlah rebusan kencur dalam keadaan hangat kuku.

Namun jika tidak punya kesempatan untuk meraciknya sendiri. Kita juga bisa membeli jamu beras kencur yang biasa dijual dan ini sangat mudah didapatkan.


Bawang Merah


Sumber Gambar : pixabay.com


Salah satu rempah yang sangat mudah kita dapatkan didapur ialah bawang merah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, dengan menghirup aroma bawang merah dan tunggu sampai lendir dari hidung keluar.

 Pada uap bawang merah terdapat senyawa eteris yang diketahui dapat berfungsi sebagai dekongestan yang bisa mengencerkan lendir dan ingus.


Air Garam

Garam merupakan rempah atau bumbu yang wajib tersedia didapur-dapur rumah kita. Larutan air garam dipercaya mampu untuk mengatasi dan mencairkan lendir yang terdapat pasa rongga hidung dan tenggorokan kita.

 

Sumber Gambar : pixabay.com

Nah, untuk cara peracikannya pun cukup mudah. Kita hanya cukup melarutkan garam kedalam air. Aduk-aduk hingga air terasa asin. Kemudian larutan tersebut di kumur selama 30 sampai 60 detik lalu di buang. Ingat! Larutan ini sangat tidak dianjurkan untuk ditelan.


Cengkeh

Sumber Gambar : pixabay.com



Antioksidan yang terdapat pada cengkeh dipercaya dapat membantu membangun sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kandungan ini juga dikenal bermanfaat untuk bekerja sebagai ekspektoran sehingga dapat melonggarkan lendir di tenggorokan kita.

 Cara peracikan nya pun cukup mudah, cukup dengan menyeduh cengkeh dan air hangat lalu minum disaat keadaan hangat kuku atau bisa juga diseduh bersamaan dengan teh.


Jahe


Untuk rempah yang satu ini memang sangat terkenal dalam penyembuhan. Jahe juga baik untuk sakit tenggorokan dan meredakan flu juga demam. Jahe lebih baik dikonsumsi dalam bentuk bubuk kering. Jahe dikenal sebagai obat alami anti virus

 

Sumber Gambar : pixabay.com


Untuk peracikan nya usah risau, sekarang banyak sekali produk-produk jahe yang terjual di pasaran. Seperti: wedang jahe.


Nah,kelima rempah tersebut dapat dipercaya untuk menyembuhkan dan meredakan flu. Untuk kalian yang lagi terserang flu. Lebih baik coba yang herbal atau yang alami. Karena ini aman dari segala efek samping. Jika tidak kunjung sembuh silahkan ke petugas kesehatan yang terdekat. Selamat mencoba!


CATATAN : Jika ingin memasang banner Iklan di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan meng-klik icon media sosial yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat.


1 komentar untuk "5 Rempah dapur yang bermanfaat untuk meredakan flu "

  1. Kalau saya sih, lebih suka wedang jahe. Cukup diparut, ditambah gula secukupnya lalu direbus. Apalagi di musim hujan gini, lebih mantap 😁

    BalasHapus