Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perjuangan pemuda Bangsa Indonesia yang harus dikerjakan saat ini.

 

Sumber  : pixabay.com/parayadirawak



Sobat keren pada tanggal 28 Oktober kemarin kita sebagai rakyat Negara Kesatuan Republik Indonesia memperingati sebuah hari peringatan besar yaitu Hari Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah pemuda merupakan sebuah cikal bakal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hari Sumpah pemuda dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu 17 Tahun sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 secara resmi.

Sumpah pemuda diawali dari diadakan nya sebuah kongres pemuda kedua. Gagasan ini lahir dari sebuah organisasi yang bernama Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia atau yang disingkat PPPI.  Atas sebuah inisiatif organisasi inilah kongres bisa dilaksanakan dalam tiga kali rapat yang diadakan dalam tiga gedung sehingga menghasilkan peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda.

Makna dari peristiwa sumpah pemuda ialah menyatukan berbagai elemen anak bangsa Indonesia untuk mendapatkan sebuah kemerdekaan suatu bangsa secara hakiki.

Tanpa adanya perjuangan sosok para pemuda saat itu. Mungkin kita sebagai anak muda bangsa masa kini tidak akan pernah mencicipi manisnya sebuah kemerdekaan.

Sobat keren, kita juga harus melanjutkan perjuangan pemuda bangsa masa lalu. Namun perjuangan kita sebagai pemuda dimasa kini bukan melawan penjajah asing melainkan mengatasi permasalahan bangsa saat ini. Agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju untuk kedepannya.

Lantas perjuangan seperti apakah yang dapat kita lanjutkan sebagai pemuda bangsa masa kini? Berikut 5 Perjuangan pemuda Bangsa Indonesia yang harus dikerjakan saat ini. Ayo simak penjelan singkatnya! Checkidot......

Menghasilkan sebuah karya sebanyak mungkin

Perjuangan pertama yang harus dilakukan oleh pemuda masa kini ialah menghasilkan karya dengan sebanyak-banyak mungkin. Dengan berkarya, kita sebagai anak muda bangsa Indonesia telah membantu menaikkan rating nama baik bangsa ini ke khalayak dunia.

Dengan karya yang kita ciptakan. Orang-orang di belahan negara lain akan mengenal dan menyegani bangsa Indonesia ini dengan bangsa yang kreatif, inovatif, mempunyai daya saing dan tidak dianggap remeh oleh bangsa-bangsa lain.

 

Berjuang meningkatkan daya literasi masyarakat

Perjuangan yang kedua yang bisa kita lakukan sebagai anak muda masa kini ialah, Berjuang meningkatkan daya literasi masyarakat. Maksudnya ialah berjuang untuk meningkatkan daya minat baca,tulis,hitung dalam kehidupan masyarakat.

Indonesia masih banyak masyarakat yang buta huruf dan mempunyai pendidikan yang rendah. Bahkan ada yang tidak menyentuh pendidikan sama sekali. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor; pertama faktor ekonomi yang membuat sebagian masyarakat tidak bisa melanjutkan jenjang study yang lebih mumpuni.

Faktor Kedua ialah sebagian budaya masyarakat Indonesia yang masih ada primitif. Sobat keren pasti pernah mendengar bahwa masih ada suku di Indonesia ini yang masih menutup diri untuk dunia luar bukan?

Faktor ketiga ialah masih ada masyarakat yang mempunyai mindset bahwa melanjutkan pendidikan itu tidak begitu penting. Masyarakat berpikir, untuk apa sekolah tinggi-tinggi sudah bisa hitung,baca,tulis saja sudah cukup.

Nah, dari sinilah kita sebagai anak muda masa kini itu harus berjuang dalam meningkatkan daya literasi. Bisa kita lihat di negara maju didunia ini. Mereka bisa maju berkat adanya dorongan edukasi literasi yang sangat mumpuni.

 

Membenahi struktur politik

Anak muda harus berpolitik! Kenapa? Karena anak muda lah tonggak dan ujung tombak sebuah pergerakan suatu bangsa. Politik dinegara Indonesia ini sudah penuh dengan orang-orang yang kotor. Sebagai contoh: banyak orang yang korupsi duduk di kursi empuk DPR.

Untuk itu, sebagai pemuda masa kini kita harus menjadi seorang pejuang yang membenahi sturuktur politik dinegara kita Republik Indonesia. Agar politik dinegara kita ini tidak dipenuhi oleh orang-orang yang kotor. Saatnya anak muda masa kini yang duduk dan menjadi generasi bersih untuk mewujudkan Negara maju bernama Republik Indonesia.

 

Mendukung daya beli produk lokal

Selanjutnya, perjuangan yang harus kita lakukan sebagai pemuda masa kini ialah bergerak di bidang ekonomi bangsa. Apa itu? Yaitu mendukung daya beli produk lokal.

Sobat keren, karena dengan membeli produk lokal kita telah membantu para pedagang lokal dan juga produsen lokal dari segi incomenya. Tidak hanya itu, dengan membeli produk lokal kita sudah menyelamatkan bangsa Indonesia ini dari keterpurukan dan kesenjangan ekonomi. Nantinya juga akan berdampak kepada pembangunan yang lebih baik jika kita sering mengkonsumsi atau menggunakan produk lokal.

 

Menjaga kelestarian lingkungan

Menjaga kelestarian lingkungan juga termasuk salah satu perjuangan yang dapat dilakukan oleh pemuda masa kini. Kelestarian lingkungan harus tetap terjaga agar ekosistem dan rantai makanan disekitar tidak mengalami kepunahan.

Lingkungan akan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Contoh : ikut menanam pohon. Semua nya sudah tahu manfaat menanam pohon sebanyak-banyaknya agar kualitas oksigen yang dihasilkan dapat dihasilkan secara maksimal dan bisa mencegah abrasi. Dengan menjaga lingkungan berarti kita sebagai anak pemuda masa kini telah menyelamatkan kelestarian ekosistem, rantai makanan kehidupan dibangsa Indonesia yang akan mendatang.

 

Mungkin itu saja yang dapat penulis uraikan berkaitan dengan  5 Perjuangan pemuda Bangsa Indonesia yang harus dikerjakan saat ini. Pemuda masa kini seperti kita merupakan ujung tombak bangsa di masa depan. Untuk itu, kita jangan berdiam diri. Tetaplah melahirkan karya terbaik dan buat lah sesuatu yang terbaik buat bangsa ini. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Penulis harap tulisan ini bisa bermanfaat untuk penulis pribadi dan juga sobat keren yang membaca. Tolong share tulisan ini, jika merasa bermanfaat. Penulis ucapkan terima kasih karena telah sudi membaca tulisan ini hingga tuntas.

CATATAN : Jika ingin memasang banner Iklan di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan meng-klik icon media sosial yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat.


Posting Komentar untuk "5 Perjuangan pemuda Bangsa Indonesia yang harus dikerjakan saat ini. "