Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya digital marketing untuk berbisnis berikut alasannya!


Pentingnya digital marketing untuk berbisnis





Pentingnya digital marketing untuk berbisnis berikut alasannya- Hai sobat pak endek apa kabar? Dalam tulisan kali ini pak endek akan membahas sedikit tentang digital marketing. Kegiatan digital marketing saat ini memang sudah hampir booming disemua kalangan. Mungkin ada yang tidak asing mendengar kata yang satu ini? Kalau tidak asing kalian pernah mendengar kata digital marketing dari mana? Dari koran? Sosial media? Atau artikel di google?


Baiklah dari pada lama-lama dan bikin Kepo mending kita simak ulasan berikut ini ! Bekhicott!!!


Digital Marketing? Apa sih itu ?


Pentingnya digital marketing untuk berbisnis



Ada pepatah mengatakan, Tak kenal maka tak cinta.  Untuk itu sebelum membahas lebih dekat. lebih baik mengetahui dulu apa sih itu digital marketing? Kamu pasti pernah mendengar kata ini, terlebih kamu sebagai pelaku bisnis.

Sejatinya, di era industry 4.0 digital marketing memang sangat dibutuhkan. Digital marketing merupakan sebuah kunci juga ujung tombak dari kegiatan berbisnis saat ini.

Mau tidak mau, digital marketing memang selalu diandalkan dalam dunia bisnis. Lantas, apa sih digital marketing itu?


Definisi Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah kegiatan marketing promosi brand atau produk berbasis digital atau online. Tujuan utama dari digital marketing ialah untuk menarik konsumen atau costumer secara cepat dan mudah. 

Teknologi saat ini memang telah menyebar dan diterima masyarakat disemua kalangan. Maka tidak mengherankan jika kegiatan marketing pun dipilih melalui digital. Bahkan tidak sedikit perusahaan-perusahaan menjadi kegiatan digital marketing sebagai kegiatan utamanya.

Hal ini juga mengakibatkan terjadinya sebuah persaingan perusahaan dalam membuat kualitas konten yang menarik didalam dunia maya untuk menarik konsumennya.


Ciri-Ciri Digital Marketing


semua kegiatan yang berbau internet dan digital tidak semua bisa dikatakan sebagai sebuah digital marketing. Ada ciri-ciri tersendiri yang bisa kalian lihat sebagai sebuah kegiatan digital marketing.

Apa sajakah ciri-cirinya? Berikut penjelasan nya!


    1. Digital marketing memiliki tipe promosi yang lebih fleksibel dan terpencar.  Hal ini bisa kita lihat lewat artikel, update blog, medsos, dan lainnya.


    2. Digital marketing memiliki ruang lingkup yang cukup luas. Hal ini merujuk kepada jangkauan aksesnya. Sebab digital marketing berbasis internet dan bisa siapa saja, dimana saja kalian bisa mengaksesnya.

 

     3. Digital marketing memiliki sifat komunikasi yang lebih responsif dan terbuka. Hal ini bisa kita lihat dengan pelayanan 24 jam yang telah banyak  beredar pada e-commerce.


Kesimpulannya, dengan melakukan digital marketing kalian bisa mempermudah akses dan memperbanyak mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus bisa meningkatkan intensitas volume penjualan.


Elemen yang diperlukan dalam Digital Marketing 

Digital marketing juga terdapat beberapa elemen yang harus dipenuhi. Hal ini diperlukan untuk tercapainya sebuah proses bisnis yang lebih efesien dan sukses, yaitu :

              A. E-commerce

              B. Artikel SEO

              C. Website atau Blog

              D. E-mail Marketing 

              E. SEM

              F. Sistem Follow-Up


Pada intinya, semakin banyak elemen yanng kalian pakai untuk Digital Marketing maka peluang kesuksesan kalian dalam dunia bisnis akan mudah tercapai. Kalian tidak mewajibkan memakai semua elemen. Namun bisa memakai salah satu sebagai alternatif dan itu tergantung dari kalian sendiri.


Apakah penting melakukan Digital Marketing?


Oke.... kita masuk ke pembahasan inti Pentingnya digital marketing untuk berbisnis. Kalian mungkin akan menanyakan hal yang sama dengan judul tulisan diatas. Bukan?

Nah, pak endek akan menguraikan beberapa alasan pentingnya digital marketing untuk berbisnis.


1. Digital marketing membantu pengenalan target costumer.


Dari kegiatan digital marketing kalian bisa tahu apa yang diperlukan konsumen saat ini. Dengan mengetahui apa yang diperlukan konsumen kalian akan lebih mudah menyediakan produk yang dibutuhkan dan ini juga berpengaruh pada tahap penjualan nantinya.


2. Dapat menghemat anggaran promosi.


Pernah tidak kalia memikirkan masalah anggaran yang dikeluarkan jika kalian ingin promosi atau beriklan produk kalian? Jika kita melihat perusahaan yang memakai jasa periklanan yang ada di televisi, surat kabar, bahkan bilboard itu salah satu perusahaan besar yang sering memakai jasa seperti itu. Jarang sekali kita mendengar bahwa perusahaan yang baru saja merintis memakai jasa seperti itu. Kenapa? Karena biaya nya sangat mahal.


Nah, untuk Digital marketing sendiri merupakan salah satu teknik pemasaran yang memakai anggaran cukup murah. Kalian hanya membutuhkan skill penunjang dan koneksi internet yang lancar untuk pengoptimalan teknik Digital marketing.


3.Dapat untuk mendata dan menganalisis


Dunia intenet memiliki integrasi yang cukup luas. Dahulu mungkin kalian jika ingin mempromosikan produk harus perlu riset dalam waktu yang cukup lama bukan?  Dan mungkin hanya menebak-nebak saja apa yang produk yang dibutuhkan masyarakat.

Tapi sekarang dengan berkembang nya dunia internet dan digital kalian hanya meriset tanpa memerlukan waktu yang cukup lama juga tidak asal menebak saja. Sekarang semua bisa dilihat dari beberapa data yang masuk.

Cara nya bagaimana?

Cara nya cukup mudah, dengan melihat beberapa data yang masuk ke blog yang kalian buat. Beberapa orang pasti melihat mailing list, topik yang dibahas, Instagram Photo yang paling banyak dilihat, dan produk yang mereka gunakan, ini semua bisa kalian masukkan ke data kalian sebagai penunjang analisis.



Berikut inilah ulasan tentang digital marketing.  Maka tidak heran perusahaan-perusahaan baru bahkan besar berami investasi ke dalam digital marketing. Menurut perkiraan, Amerika merupakan negara yang menganggarkan sekitar 120 billion hanya untuk pembuatan digital marketing.

Indonesia juga harus melirik digital marketing ini sebagai proyek utama. Sebab seiring berkembang nya teknologi maka digital marketing makin sangat dibutuhkan. 

Jadi, mari susun strategi digital marketing untuk kemajuan bisnis kalian.


CATATAN : Jika ingin memasang banner Iklan di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan meng-klik icon media sosial yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat.

 


3 komentar untuk " Pentingnya digital marketing untuk berbisnis berikut alasannya!"