Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya?


Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya?




Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya?-Hallo sobat keren. Apa yang terbesit didalam benak kalian jika mendengar kata Relawan? Mungkin yang kalian pikirkan ialah orang-orang yang membantu saat terjadinya bencana. 

Relawan salah satu kegiatan yang dilakukan secara ikhlas dan sukarela. Saat ini banyak sekali yayasan non-profit yang memerlukan tenaga bantunan untuk menjadi relawan. Kalian bisa mendaftarkan diri ke yayasan yang membutuhkan jasa relawan. 

Dari kegiatan relawan banyak sekali manfaat positif yang bisa kalian dapatkan. Untuk lebih jelas pengertian relawan pak endek akan menjelaskan sedikit tentang definisi relawan.


Relawan Apa definisinya?

Menurut UNDP ( United Nations Development Programme) pada tahun 2005, kerelewanan atau relawan adalah sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas keinginan sendiri. Yang membawa manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan, maupun bagi relawan itu sendiri serta tidak didorong oleh gagasan keuangan.


Apakah relawan dibayar?

Menurut Rotaract Club D3400, sebuah organisasi yang terfokus pada kegiatan pengembangan kaum muda, para relawan atau Volunteer ini tidak dibayar. Namun jangan salah pengertian dulu. Mereka tidak dibayar bukan karena mereka tidak berharga, namun justru karena apa yang relawan lakukan tidak dapat dinilai secara keuangan ataupun materi.


Siapa saja sih yang bisa menjadi Relawan?

Untuk menjadi seorang relawan, siapapun boleh. Kalangan muda ataupun tua bisa saja asal selama menjadi relawan harus memiliki sebuah komitmen yang besar dan mulia untuk berkorban demi kebaikan sesama. Maka orang tersebut layak untuk menjadi seorang relawan.

Menjadi seorang relawan. Tidak pandang bulu, apapun profesi atau pengalamannya? Apalagi tentang status sosialnya? Dan apapun bentuk gender atau fisiknya? Cukup dengan satu kata, yaitu sebuah komitmen.


Kenapa harus jadi relawan?



Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya?




Jika pertanyaan ini ditanyakan. Maka kalian akan menjawab dengan berbagai versi menurut diri kalian masing-masing. Kita harus menjadi relawan. karena manusia merupakan makhluk sosial yang berada di muka bumi ini. Artinya, manusia saling membutuhkan pertolongan kepada manusia lainnya. Dengan begitu, manusia harus saling membantu terhadap orang lain. Nah, mungkin alasan ini cukup menjawab pertanyaan diatas.


Apa saja manfaat menjadi relawan?

Menjadi seorang relawan harus memiliki komitemen yang kuat. Samping itu relawan tidak dibayar sepeserpun, namun bukan berarti kerjaan relawan tidak mempunyai nilai dan manfaat. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat menjadi relawan? Yuk kita simak pembahasan berikut.


    1.Dapat menjalin jaringan yang luas 


     Siapapun boleh menjadi relawan. Apapun latarbelakangnya boleh menjadi seorang relawan. Nah, dari sinilah kalian bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas. Misal : mendapat jaringan dari teman-teman mahasiswa, dari teman-teman yang masih pelajar menengah atas, atau teman-teman yang sudah bekerja. Jaringan ini bisa kalian manfaat kan sebagai ajang promosi jika kalian akan membuka bisnis untuk kedepannya.


    2.Mengajarkan nilai-nilai bersyukur


       Jika menjadi seorang relawan. Kalian akan banyak bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan selama mengikuti kegitaan kesukarelaan.   Kalian pasti akan berpikir lebih jauh tentang perihal nilai-nilai yang wajib kalian syukuri saat ini. Dengan nilai-nilai rasa syukur inilah yang akan menyadarkan kalian bahwa banyak orang yang diluar sana tidak seberuntung kalian saat ini. Hal ini juga akan membuat kalian tersadar dan lebih beryukur lagi atas apa yang dimiliki saat ini dan bisa meningkatkan kemauan untuk tetap membantu sesama.


   3.Mengatasi stress dan memperbaiki kesehatan mental


    Saat menjadi relawan, kalian akan banyak berinteraksi dengan orang baru yang mungkin belum pernah kalian temui sebelumnya. Dengan berinteraksi dengan orang-orang baru tersebut ternyata dapat mengatasi dan meringankan stress yang saat ini kalian rasakan. 


  4.Membentuk jiwa kepemimpinan


     Dalam mengikuti kegiatan kesukarelawanan, kalian akan mendapatkan sedikit ilmu tentang kepemimpinan. Apalagi kalian nanti nya jika turun ke lapangan pasti kalian akan dibagi menjadi per-kelompok. 


    Dari situlah kalian akan mendapatkan ilmu kepemimpinan secara gratis. Kalian harus siap jika ditunjuk untuk menjadi pemimpin kelompok jika turun aksi dilapangan.


   5. Meningkatnya rasa percaya diri


      Kalian akan merasakan suatu sensasi pencapaian yang maksimal jika kalian dapat membantu orang yang lebih membutuhkan. Hal seperti inilah yang akan membuat kepercayaan diri kalian lebih naik secara tajam dan akan mendorong kalian untuk menyukai diri kalian sendiri. Percayalah, semakin kalian menyukai diri sendiri maka kalian akan mengembangkan kepercayaan diri.



Nah, mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan terkait manfaat menjadi relawan. Perlu kalian ingat bahwa menjadi relawan bukanlah sebuah keterpaksaan, melainkan harus dilakukan dengan sukarela. Kalian harus memprioritaskan diri agar kegiatan kesukarelaan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


Untuk kalian yang berada di wilayah Kalimantan Barat dan ingin menjadi RELAWAN silahkan gabung bersama kami di Masyarakat Relawan Indonesia Cabang Kalimantan Barat. Untuk Informasinya silahkan klik gambar ini !!



Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya






CATATAN : Jika ingin memasang banner Iklan secara gratis di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan menghubungi akun E-mail yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat dan jangan lupa klik gambar pak endek bercerita dan follow instagramnya!

Posting Komentar untuk "Menjadi Relawan, Apa saja manfaatnya?"