Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tanda-Tanda Overthinking Yang Harus Kalian Ketahui

8 Tanda-Tanda Overthinking Yang Harus Kalian Ketahui





pakendek11.com- Dalam Kehidupan sehari-hari berpikir sebelum melakukan sesuatu merupakan perihal yang menurut saya wajar. Namun, Jika kalian selalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu sehingga kalian bisa mengorbankan begitu banyak waktu, itu merupakan hal yang tidak wajar. Bisa jadi saat kejadian seperti itu  bisa disebut overthinking. 

Overthinking ialah nama lain untuk sebuah  perilaku yang selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya kekhawatiran atau kecemasan pada suatu hal, mulai dari masalah yang biasa di anggap enteng dalam kehidupan sehari-hari sampai dengan masalah besar yang kalian hadapi. Tidak hanya itu, sikap overthinking biasa juga disebabkan oleh suatu trauma yang begitu mendalam

Berikut ini adalah tanda-tanda kalian lagi ovethinking :


1.Tidak fokus mencari solusi ketika mendapatkan masalah


Ketahuilah bahwa jika ada masalah kalau ada solusinya pasti masalah tersebut bisa dengan cepat diselesaikan. Namun sayang, untuk orang yang selalu berpikir, kebanyakan mereka tidak fokus untuk mencari solusi dari suatu masalah. 

Mereka malah terfokus dengan masalah itu sendiri dan memikirkan hal-hal negatif yang tidak layak mereka pikirkan.

2.Munculnya pikiran yang berulang-ulang


Berpikir secara berulang lebih cenderung memikirkan masalah-masalah yang dihadapi dan kesalahan yang pernah dilakukan atau kekurangan yang dimiliki tanpa memikirkan untuk memperbaikinya. 

3.Sulit membuat keputusan


Dalam mengambil keputusan adakalanya kalian harus buru-buru. Tapi, bukan berarti kalian harus bersikap overthinking.

Orang yang seperti ini mungkin akan selalu fokus pada analisis suatu masalah. Akibatnya, dalam mengambil keputusan akan menjadi terlambat dilakukan dan juga dapat membuang waktu tanpa mencari solusi.

4.Selalu menyalahkan diri sendiri dalam salah ambil keputusan


Kalian akan selalu menyesalkan diri ketika salah mengambil keputusan secara tidak tepat. Seharusnya, kalian mencari solusinya dan merevisi kesalahan atau belajar dari kesalahan agar dikemudian hari tidak terulang kembali.


5.Selalu merasa khawatir


Pernahkah kalian selalu merasa khawatir dalam mengerjakan sesuatu. Saya dulu pernah. Waktu pertama-tama merintis blog ini, saya khawatir dan selalu bertanya-tanya. Apakah blog ini ada yang mau mengunjungi?

Namun seiring berjalan nya waktu, perasaan itu mulai hilang setelah melihat. Tulisan-tulisan orang lain yang memotivasi saya untuk selalu berkarya. Mulailah dahulu dan bergeraklah untuk hasilnya kita bisa lihat nanti. 

6.Selalu memikirkan perkataan orang lain.


Perkataan orang lain terhadap kalian mungkin tidak selamanya terdengar bagus. Apalagi kata-kata yang dapat membuat suasana hati tidak nyaman. Misalnya, Kalian minta pendapat ke seorang teman. 

Teman tersebut bilang, “ Ini bagus, cuman aku tidak yakin ke kamu”.  Nah, kata tersebut pasti pernah kalian dengar dan akan selalu teringang-ngiang ke telinga kalian. Seharus nya, kalian upgrade diri agar terlihat yakin ke mata teman kalian. Bukan malah memikirkan perkataan dia yang selalu terngiang-ngiang.

7.Sering begadang


Begadang merupakan salah satu tanda-tanda kalian sedang overthinking. Hal ini disebabkan karena kalian terus berpikir dengan masalah yang dihadapi dan masalah yang akan datang, Darisinilah otak kalian akan terus menerus bekerja tanpa henti dan membuat otak lebih aktif untuk jangka waktu yang lumayan lama.

Ketahuilah bahwa kondisi ini akan menyulitkan kalian untuk tidur dan untuk memejamkan mata dikala kalian ingin istirahat. Kalau kebiasaan ini berulang kali dilakukan maka kalian tidak akan menjalani hari di esok pagi dengan lebih semangat.


8. Suka tampil perfeksionis

Selalu ingin terlihat perfect atau sempurna memang lah sebuah hal yang sama sekali tidak bagus untuk  sering dilakukan. Pasalnya kalian akan selalu berpikir jika semua penampilan harus terlihat perfect, dan hal ini bisa menjadikan kalian susah untuk bertindak. Perlu diketahui jika kalian ingin sekali terlihat sempurna do mata orang lain, kalian akan selalu menganalisa sesuatu jauh-jauh hari, apabila terdapat sedikit saja kesalahan maka itu tidak bisa ditoleransi.

 

Padahal kalian sudah tahu, hakikatnya manusia itu tidak sempurna dan selalu memiliki kesalahan. Jika kalian akan terus berpikir bahwa kalian ingin terlihat perfect dan nantinya tidak sesuai dengan apa yang dianalisa, dan direnacanakan maka percayalah kalian pasti akan mengalami stress.

 



Berikut adalah pemaparan beberapa tanda kalian lagi overthinking. Terima kasih telah berkunjung dan membaca konten-konten dari saya. Jangan lupa berlangganan dari blog ini secara gratis dengan men-follownya. 



Posting Komentar untuk "8 Tanda-Tanda Overthinking Yang Harus Kalian Ketahui"