Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Sosial Media dan Peluang Bisnis Kekinian

Source : Instagram @natandgeecoffe.id


Diskusi kali ini membahas tentang bagaimana membangun sebuah pondasi dasar konten digital marketing. Jika kita berbicara tentang Digital Marketing. Saya sudah membahas tentang hal itu sebelum nya. Kalian bisa lihat pada artikel yang berjudul Pentingnya digital marketing untuk berbisnis.


Namun untuk di dalam artikel ini saya hanya menceritakan sedikit pengalaman saya setelah mengikuti forum diskusi ini. Sebelum itu kita kenalan lagi ini apa sih itu Digital Marketing?


Dilansir dari Jurnal.id mengatakan Digital Marketing merupakan suatu kegiatan marketing ( Pemasaran ) sebuah branding merek yang menggunakan berbagai platform media digital. Yang dimaksudkan dari platform media digital ini ialah seperti blog, website, email, adwords, dan berbagai macam platform media sosial lainnya,


Diskusi sabtu pagi ini dipimpin oleh narasumber yang keren namanya Uji Muharji, S.Pd Beliau ini salah satu entrepreneur atau content creator yang sukses di Kota Pontianak. Tidak hanya itu bang Uji ini juga seorang novelis.



Materi yang disajikan oleh narasumber kali ini sangat kompleks. Terutama bagi kita yang ingin tahu dasar marketing online itu seperti apa. Narasumber menjelaskan mulai dari basic entrepreneur online sampai ke tahap-tahap analisis konten di media sosial dalam bungkusan dunia marketing.


Platform yang dipilih oleh Narasumber Bang Uji adalah platform Instagram. Dikarenakan berdasarkan voting peserta yang hadir banyak sekali user atau pengguna media sosial instagram. Kalau dilihat juga memang benar sih. Instagram merupakan sebuah platform yang memang layak digunakan untuk marketing online. Tapi tidak hanya Instagram platform lain juga seperti Facebook bisa dijadikan wadah untuk marketing online. Namun yang disinggung kali ini yaitu platform instagram.



Secara global pengguna Instagram itu mencapai 1 Milyar yang aktif.  Kalau untuk Indonesia sendiri pengguna Instagram saat ini sudah mencapai angka kurang lebih 69,2 Juta ( Menurut data di tahun 2020 ). Maka dari itu tidak heran banyak entrepreneur yang memasarkan produknya ke instagram.


Instagram ternyata juga memiliki keunggulan dalam hal promosi bisnis. Keunggulan nya antara lain : Gratis, banyak user nya, mudah untuk digunakan, tampilan foto bisa berkualitas, mudah untuk melakukan promosi terlebih menggunakan hastag.


    Pada situasi pandemi memang promosi melalui digital memang harus ditingkatkan. Terlebih dari penggunanya yang sangat gampang dan gratis dalam media periklanan. Hal ini juga membantu menekan angka turunnya penderita pandemi virus COVID-19 yang sangat berbahaya ini.


Semoga saja kelas-kelas seperti ini bisa dilanjutkan. Agar enterprenuer selalu mempunyai inovasi dan tetap semangat membangkitkan ekonomi negeri.Demikian tulisan saya kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan. 


CATATAN : Jika ingin memasang banner Iklan di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan meng-klik icon media sosial yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat.



Posting Komentar untuk "Peran Sosial Media dan Peluang Bisnis Kekinian"