Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Menu Takjil Kekinian Yang Paling Diminati Saat Bulan Ramadhan 2021

5 Daftar Menu Takjil Kekinian Yang Paling Diminati Saat Bulan Ramadhan 2021




Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia khususnya di Indonesia. Sebab dalam bulan ini seluruh umat muslim mempercayai adanya pengampunan dosa dari Tuhan Yang Maha Esa.  Tidak hanya itu, dalam bulan suci Ramadhan umat muslim juga diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa.


Puasa ialah ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari hawa nafsu dan juga menahan lapar dan dahaga. Serta segala perbuatan yang dianggap membatalkan ibadah puasa. Ibadah puasa dilakukan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dalam agama islam sendiri puasa dimulai dari Adzan shubuh sampai Adzan Maghrib. Ibadah ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan bagi seorang muslim.


Pada saat melaksanakan ibadah puasa, sangat di anjurkan untuk melaksanakan buka puasa. Dalam berbuka puasa makanan yang dikonsumsi bukanlah makanan dengan kategori yang berat. Melainkan makanan ringan. Hal ini disebabkan jika memakan makanan berat akan mengganggu sistem pencernaan yang telah kosong selama kurang lebih 13-14 jam. Maka dari itu, mulailah dengan menu yang memiliki rasa yang manis dan berkategori makanan ringan. 


Berikut ini Pak Endek akan memberikan sebuah ide Daftar Menu Takjil Kekinian Yang Paling Diminati Pada Ramadhan 2021


1.Es Buah

Es Buah merupakan salah satu sajian yang memang wajib disajikan saat bulan suci ramadhan tiba. Sajian manis yang sering diminati masyarakat ini memang sering dijumpai. Selain itu cara membuat es buah juga tergolong mudah atau gampang.



Yakni dengan mencampurkan potongan buah, susu kental manis, es batu. Lalu dimasukkan sedikit air dan jangan lupa masukkan ke dalam wadah dan jadilah minuman es buah. Gampangkan?



2.Gorengan




Mendengar kata gorengan kalian pasti sudah tahu. Bagaimana rasa dan bentuknya. Makanan ini juga menjadi makanan khas Indonesia. Gorengan sendiri banyak jenis yang sering kita jumpai. Mulai dari bakwan, perkedel, molen, tahu isi goreng, pisang goreng, tahu bulat, tempe mendoan, dan lain sebagainya.


Untuk membuatnya juga sangat mudah. Kalian tinggal memilih gorengan jenis apa yang ingin kalian sajikan. Perlu kalian ketahui! Untuk membuat sajian gorengan yang renyah dan garing kalian Cuma cukup menambahkan tepung kanji dengan perbandingan 1 : 3 dengan tepung terigu. Gorengan yang dibuat menggunakan tambahan tepung kanji hasilnya akan lebih renyah dan garing juga tidak keras.


3.Kurma



Kurma merupakan salah satu jenis tanaman palma didalam genus phoenix. Tempat asal tumbuhnya tanaman kurma sendiri sampau saat ini belum juga diketahui, karena tanaman ini sudah lama dibudidayakan.


Dalam agama islam sendiri, mengkonsumsi kurma setelah berbuka puasa merupakan hal yang sunnah dilakukan. Hal ini merujuk kepada kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Saat melakukan berbuka puasa.  Dalam segi medis kurma dapat merelaksasikan lambung yang kosong akibat dari ibadah puasa yang dilakukan.


Saat ini mengkonsumsi kurma sudah diteliti manfaatnya yaitu; dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, mencegah segala penyakit kronis, menstabilkan kadar gula darah, dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang, mencegah anemia, dan lain sebagainya.


4.Es Tebu Manis


Minuman es tebu manis merupakan salah satu olahan minuman dari tanaman tebu. Tebu ialah tanaman yang digunakan untuk pembuatan gula dan vetsin. Tebu merupakan tanaman jenis rumput-rumputan. Umur tanaman tebu baru bisa dipanen yaitu mencapai kurang dari lebih 1 tahun. saat ini tebu sangat banyak dibudidayakan di Indonesia tentunya dipulau kalimantan, jawa dan sumatera.


Khasiat dari air tebu ialah dapat mengontrol kadar gula, membantu mengatasi sel kanker, meredakan demam, menambah daya tahan stamina, dan lain sebagainya. Perlu kalian ketahui! Air tebu yang disimpan hanya dapat bertahan sampai 5 hari saja dengan perlakuan suhu ruang tanpa kemasan. Air tebu lebih efisien disimpan pada suhu rendah.


5.Es Kelapa Muda


Es kelapa muda merupakan salah satu minuman yang paling diminati di kala ramadhan. Terlebih lagi pada cuaca panas, es kelapa muda menjadi minuman favorit penghilang dahaga. 


Es kelapa muda terbuat dari tumbuhan kelapa muda. Kelapa muda bernama latin cocos nucifera. Tumbuhan ini merupakan anggota tunggal dan termasuk marga Cocos dari sebuah suku aren-arenan atau Arecaceae. Tanaman kelapa muda adalah tumbuhan yang serba guna bagi masyarakat beriklim tropis. Hampir dari seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan.


Tidak hanya tanaman nya saja yang bermanfaat jika disajikan dalam bentuk minuman. Ternyata Es kelapa muda juga memiliki beragam manfaat. Salah satunya ialah dapat mencegah penyakit ginjal, Melepas dahaga dan dapat menghilangkan dehidrasi, mengatasi demam tifoid atau tipes, bisa meningkatkan kesehatan jantung, menetralisisir dan detoks racun, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan mecegah diabetes.


Tidak hanya itu, Air kelapa juga mempunyai manfaat khusus bagi pria yaitu ; mencegah disfungsi ereksi, menambah daya produksi sperma, penghancur nikotin dan zat yang dapat menyebabkan impoten bagi perokok, menambah daya kekuatan otot pada alat reproduksi pria.


14 komentar untuk "5 Daftar Menu Takjil Kekinian Yang Paling Diminati Saat Bulan Ramadhan 2021"

  1. Es tebu nya sangat menggoda 😂 jadi pengen

    BalasHapus
  2. Es Buah nya enak banget tuh. Serasa sudah saatnya buka puasa aja. Thank infonya min.

    Admin Bambu

    BalasHapus
  3. Memang berbuka itu diharuskan dengan yang manis-manis, tapi kalau ngga ada yang manis yang pahit juga ngga apa-apa hehe.

    BalasHapus
  4. Gorengan dan es buah is nomber one bro boom 🔥

    BalasHapus
  5. mantab banget dah, nggak ada duanya

    BalasHapus
  6. Pas banget baca ini jelang buka puasa, Ya Allah. Jadi auto bayangin es campur, kurma, plus gorengan yang biasa jadi menu berbuka. 😁

    BalasHapus
  7. Makanan yang nggak bisa kelewatan kalau buka puasa itu gorengan buat aku, kalau enggak ada gorengan berasa ada yang kurang gitu hehe

    BalasHapus
  8. Sepertinya ini pilihan yg everlasting ya pak, kekinian tapi ga bakal ada bosen ya juga

    BalasHapus
  9. Es tebu manis nih di Jogja skrg sudah mulai banyak. Seger dan manis gitu mbak, apalagi pake es. Hehehe...

    BalasHapus
  10. Yang enggak boleh dilewatkan pas berbuka puasaku itu es campur atau es kelapa muda, kemudian kurma. Rasanya nyes, adem di tenggorokan memberikan kesegaran setelah seharian dahaga.

    BalasHapus
  11. Bener bangett.
    kelima-limanya nggak pernah absen kalau di rumahku, hehehe
    Wajib ada.

    BalasHapus
  12. Saya lebih sering berbuka dengan kurma dan es kelapa...seger dan menyehatkan ..maklum usia jelita kaya saya rawan dengan resiko diabetes

    BalasHapus
  13. Kurma, es tebu, gorengan ❤ cucok bangeett

    BalasHapus
  14. menrut saya kurma yang paling sehat daripada menu takjil lainnya. tapi semua kembali ke selera masing-masing

    BalasHapus