Review Asus TUF Gaming A15 FX506 Ryzen 4000. Kencang dan Terjangkau!


pakendek11.com- Asus merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan yang memproduksi segala produk teknologi seperti papan induk, kartu grafis dan notebook, juga laptop. Asus juga belakangan ini memroduksi PDA ( Personal Digital Assistant ), Telepon genggam, monitor LCD, Tablet dan produk komputer lainnya.
Asus didirikan pada tanggal 2 April 1989, dengan pendiri bernama TH Tung dan Ted Hsu. Asus berkantor pusat di Distrik Beitou Taipei, Taiwan. Asus sudah memasarkan seluruh produknya termasuk di Indonesia.
Belakangan ini Asus Indonesia mulai memasarkan secara online maupun offline laptop gaming terjangkau terbarunya yakni seri TUF Gaming FX506. Tetapi jangan salah sangka, meski diposisikan sebagai laptop gaming “ Kelas Dua” dari ASUS, Namun sisi performa, laptop yang satu ini tidak sembarangan.
Dengan menggunakan laptop ini, User atau Pengguna dipastikan akan bisa menjalankan semua game yang ada di PC kesayangannya tanpa adanya gangguan atau masalah karena diperkuat oleh hardware yang mutakhir. Ditambah lagi dengan harga nya yang terjangkau, seri TUF Gaming FX506 ini bisa dikatakan sebagai primadona terbaru bagi gamers yang mengiginkan laptop gaming powerfull, tangguh, dan memiliki harga yang terjangkau.
Memanfaatkan prosesor 7 nanometer terbaru AMD yakni Rzyen 4000 series mobile processor, TUF Gaming A15 FX506 hadir dengan prosesor AMD Ryzen hingga Ryzen 9 yang memiliki 8 core dan 16 thread. Untuk grafis, tersedia pilihan GeForce GTX 1660Ti sampai RTX 2060 yang bertenaga.
Tak hanya itu, untuk menyajikan pengalaman gaming yang lebih memuaskan, ASUS menyediakan layar IPS level dengan refresh rata 144Hz yang mendukung adaptive sync untuk mereduksi lag, meminimalisir stuttering dan meniadakan visual tearing yang mengganggu saat sedang bermain.




TUF Gaming A15 baru ini memiliki chassis yang lebih kecil dan portabel dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak hanya itu, ia juga diperkuat dengan baterai berkapasitas hingga 48Wh untuk masa aktif yang lebih panjang.

Tersedia dalam pilihan warna Fortress Gray atau Bonfire Black, kombinasi hardware efisien dari AMD dan NVIDIA di dalamnya sanggup menghasilkan masa aktif yang panjang untuk web browsing dan memutar video.

Untuk sebuah laptop, keyboard merupakan salah satu bagian yang sangat esensial. Penemapatan tombol yang tidak tepat ataupun layout yang terlalu padat bukanlah jenis keyboard laptop yang dibutuhkan para gamers saat mereka bertempur dengan lawan.
Berdasarkan prinsip ini, ASUS memilih untuk menggunakan full-sized desktop design keyboard sebagai template saat mengembangkan keyboard TUF Gaming A15. Jejeran tombol function key juga digeser ke atas sama halnya seperti keyboard desktop.


Selain itu, numeric pad lengkap ditempatkan di kanan untuk mempercepat input angka. Tombol panah juga ditempatkan agak sedikit terpisah dengan tombol lainnya pada keyboard untuk menawarkan pengalaman bermain game yang lebih nyaman. Tak hanya itu, tombol spacebar pun diperlebar untuk memudahkan jari pengguna menyentuhnya.
Laptop TUF Gaming baru ini juga punya konektivitas yang sangat mencukupi untuk menyambungkan periferal gaming. Di sebelah kiri laptop, tersedua dua buah port USB 3.2 Type-A dan satu buah port USB 3.2 Gen 2 Type-C. Port yang ini mendukung monitor G-Sync lewat fitur ddukungan  DisplayPort 1.4. Ada pula port HDMI 2.0b yang memungkinkan Anda memasang proyektor, monitor tambahan ataupun TV layar lebar. Ada satu lagi port USB di sebelah kanan kalau dibutuhkan.



ASUS TUF Gaming A15 ditujukan bagi mereka yang menjadi sebuah laptop all round yang juga fokus pada aspek gaming. Khususnya mereka yang mencari desain simpel namun tetap memiliki durabilitas tinggi dan daya tahan hebat. Faktor ini, dikombinasikan dengan penggunaan CPU dan GPU mutakhir membuatnya sebagai laptop sempurna untuk siapapun, baik untuk belajar, bekerja ataupun gaming.

Kinerja Mumpuni untuk Kebutuhan Apapun
Memiliki kekuatan untuk mengatasi situasi apapun, TUF Gaming A15 menawarkan performa yang bisa diandalkan untuk gaming, streaming dan apapun di antaranya. Diperkuat prosesor AMD Ryzen 4000 series yang punya 8 core dan hingga 16 thread, ia sanggup menuntaskan tugas-tugas multitasking.
Berpasangan dengan GeForce GTX 1660Ti atau RTX 2060, laptop pun bisa menghasilkan fram rate tingkat tinggi pada beraneka ragam game populer. Jangan khawatir, untuk loading lebih cepat, ASUS menyediakan storage berbasis SSD hingga berkapasitas 1TB. Tak hanya itu, ada pula slot tambahan untuk memasang storage SSD lainnya di dalam.



Seperti diketahui, game berat dan aplikasi dapat diload dengan lebih cepat jika menggunakan SSD berasis NVM Express. Dengan storage jenis ini, apalagi dengan kapasitas yang cukup besar, Anda bisa menyimpan instalasi game-game AAA, rendering project serta file-file multimedia.

Load time yang lebih cepat artinya lebih sedikit waktu untuk menunggu dan lebih banyak waktu untuk benar-benar bermain atau bekerja. Tambahan slot M.2 juga memungkinkan Anda melakukan upgrade storage dan menyimpan lebih banyak data.

Selain dioptimalkan untuk gaming, keyboard milik TUF Gaming A15 juga dapat dikostumisasi lebih jauh, bahkan tanpa batas. Backlight RGB dapat dimodifikasi sedemikian rupa, sementara tombol WASD yang diberi ketegasan dengan tombol transparan akan mempermudah Anda menemukan tombol tersebut saat sedang bertarung ketat ataupun bermain di dalam gelap.

Tak hanya itu, ada juga overstroke technology akan membuat setiap penekanan pada tombol akan mendapatkan respons yang lebih cepat. ASUS mengklaim, setiap tombol keyboard pada TUF Gaming ini cukup tangguh untuk menahan 20 juta kali tekan, demi mendapatkan kehandalan dan presisi jangka panjang.

Dengan dukungan up to 32GB dual channel DDR4 3200 memory, ASUS TUF Gaming 15 dapat menangani multitasking serius sampai rendering multimedia dengan kecepatan tinggi. RAM berkecepatan tinggi menawarkan bandwidth yang cukup untuk belajar, menjelajah web, streaming video secara simultan dengan performa yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Meskipun memiliki chassis yang dimensinya lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan dibanding generasi sebelumnya yakni FX505, TUF Gaming A15 FX506 bisa menampung baterai dengan kapasitas lebih besar. Prosesor AMD Ryzen 4000 series yang efisien, ditambah dengan baterai yang tersedia dengan kapasitas 48Wh menawarkan masa aktif baterai yang panjang.

Versi TUF Gaming A15 FX506 dengan baterai 48Wh yang juga tersedia di pasaran Indonesia menawarkan masa aktif yang cukup baik untuk sebuah laptop gaming. Dalam pengujian yang dilakukan, baterai tersebut sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office.


Desain dan Ketahanan Military Grade
ASUS TUF Gaming A15 FX506 tersedia dalam dua opsi desain warna gaming yang bisa dipilih sesuai dengan identitas penggunanya. Pilihan yang tersedia adalah Fortress Gray chassis yang misterius dan tangguh atau Bonfire Black yang mencolok dengan aksen crimson stripe.

Ia menggunakan pola honeycomb di sekitar bagian bawah juga menambah daya cengram pada permuakan dan selaras dengan pola hexagon di sekeliling chassis. Dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan bersih.

Agar layak mendapatkan nama TUF Gaming, laptop tersebut harus didesain dengan baik agar sanggup bertahan dari serangkaian pengujian standar MIL-STD-810H. Perangkat ini harus lolos uji jatuh, guncangan, kelembaban dan temperatur ekstrem untuk memastikan kehandalannya. Sebagai laptop yang bisa diandalkan bahkan untuk kondisi paling sulit sekalipun, ASUS TUF Gaming A15 akan sanggup bertahan dari tekanan atau benturan tak sengaja yang mungkin terjadi saat penggunaan sehari-hari.

Pendinginan yang komprehensif memastukan bahwa laptop ASUS TUF Gaming bisa mempertahankan performa tinggi dan efektivitas dalam jangka panjang. Serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink bertugas untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.

Desain kipas yang punya fitur self-cleaning memastikan bahwa setiap perangkat bisa tetap mampu digunakan untuk jangka panjang. Di sisi lain, pilihan mode operasi akan mengimbangi tingkat kebisingan dengan tingkat temperatur sistem, tergantung tugas apa yang sedang dibebankan pengguna pada laptop ini.

Tiga buah heatsink tersebut juga akan menjaga performa tetap stabil dan bisa diandalkan, meskipun pengguna berada dalam sesi gaming marathone di mana panas akan mempengaruhi tingkat FPS game Anda. Desain chassis yang lebih cepat dan handal juga memungkinkan lebih banyak ventilasi, meningkatkan jumlah aliran udara melalui laptop.

Adapun dua buah anti-dust tunnel yang terssedia di ujung dari kipas akan menangkap debu dan partikel yang masuk serta mengarahkannya langsung keluar dari chassis. Metode ini meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dengan mencegah penumpukan kotoran yang berpotensi untuk menurunkan performa komponen pendinginan internal. Self-cleaning cooling system juga bisa diandalkan, dan ini tentunya sejalan dengan nama TUF milik laptop ini.

Konektivitas Lengkap dan Kemudahan Upgrade
Pada laptop ini, pengguna tidak akan mengalami kekurangan jumlah port input-output. Mereka bisa menyambungkan perangkat favorit dan langsung menggunakannya di manapun. Ada dua port USB 3.2 Type-A yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta tambahan sebuah port USB 2.0 Type-A, sehingga total ada tinga port input untuk aksesoris kesayangan pengguna.

Fitur Bluetooth juga tersedia jika pengguna ingin menghubungkan mouse, headphon dan perangkat kompatibe lainnya agar meja kerja bisa lebih rapi, terbebas dari kabel-kabel yang mengganggu. Dan jika Anda ingin menghubungkan laptop ini dengan monitor, bisa juga melakukannya lewat port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4.
 Adapun untuk konektivitas, pengguna bisa memanfaatkan Wifi 802.11ac (2x2) untuk koneksi jaringan yang cepat.



Buat Anda yang ingin menggunakan laptop ini dalam jangka panjang, ASUS menyediakan kemudahan upgrade. Cukup membuka panel bagian bawah maka Anda langsung dapat mengakses slot memori, storage SSD dan juga dua buah port SSD tambahan, cukup dengan obeng kembang biasa.

Dengan menambah kapasitas RAM serta storage, laptop ini akan punya kemampuan yang cukup untuk menemani penggunanya hingga beberapa tahun ke depan.

Di dalam laptop ini, ASUS menyediakan dua buah speaker yang telah mendapatkan upgrade dibanding seri sebelumnya, demi pengalaman audio yang lebih kaya. Teknologi DTS:X Ultra yang kini tersedia memnghadirkan high-fidelity 7.1 channel virtual surround sound untuk audio yang hebat.

Secara software, laptop ini juga menyediakan 8 buah preset audio, mulai dari music, movie dan genre-genre gaming untuk mengoptimalkan pengalaman bermain Anda lebih lanjut. Tersedia pula built-in equalizer untuk kustomisasi audio lebih lanjut.
Sama seperti gaming notebook ASUS lainnya, seri TUF Gaming terbaru ini juga menawarkan mode operasional yang beragam, sehingga cocok digunakan untuk skenario dan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.


Pilihannya mulai dari mode Windows yang akan mengikuti setting default sistem operasi. Opsi Silent untuk performa maksimal namun pada tingkat kebisingan kipas di bawah 35dB. Pada mode ini, performa laptop masih cukup baik untuk beban kerja ataupun multimedia ringan.

Pada mode Performance, laptop meanwarkan keseimbangan antara kinerja dan temperatur dengan tingkat kebisingan yang masih rasional, yakni di bawah 40dB. Mode ini cocok untuk gaming di berbagai skenario, dan dipilih oleh ASUS sebagai mode standar laptop ini.

Di mode Turbo, pengguna akan menikmati performa tertinggi dari laptop ini, tanpa ada hambatan apapun dari sisi setting. Adapun opsi Manual memungkinkan pengguna untuk mengatur setting performa dan kebisingan kipas sesuai dengan preferensi pribadi.

Performa Terbaik di Kelasnya
TUF Gaming FX506 tidak hanya kembali menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. Dukungan komputasi grafis dari NVIDIA Turing GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz juga membuat TUF Gaming FX506 semakin tidak tertandingi.

Ia ditenagai chip grafis NVIDIA GeForce yang telah menggunakan arsitektur Turing terkini. Bahkan jajaran laptop ini merupakan laptop pertama di dunia yang mengadopsi NVIDIA GeForce GTX 1650Ti terbaru. GPU kelas entry tersebut lebih kencang dari GTX 1050 dan 1650 dan merupakan pilihan tepat bagi gamer yang menginginkan performa grafis lebih namun dengan harga yang tetap terjangkau.

NVIDIA GeForce GTX 16-Series merupakan chip grafis terkini dengan arsitektur Turing terbaru. Dibekali memori GDDR6 yang sangat kencang, GPU tersebut dipastikan memiliki performa grafis yang mampu menjalankan berbagai game terkini. Tidak hanya untuk gamer, NVIDIA GeForce GTX 16-Series yang telah dilengkapi dengan CUDA core juga sangat optimal untuk video encoding dan rendering dan membuatnya pilihan tepat untuk para profesional kreatif.
Buat pengguna yang butuh performa lebih lanjut, ada pula opsi yang menggunakan prosesor grafis NVIDIA GeForece RTX2060 dengan 6GB GDDR6 VRAM untuk performa yang jauh lebih tinggi. Berikut ini spesifikasi salah satu model ASUS TUF Gaming A15 FX506VI dan performa yang ditawarkan:

Main Spec.
TUF Gaming A15 FX506
CPU
AMD Ryzen™ 7-4800H Processor Octa Core (12M Cache, up to 4.2GHz)
Operating System
Windows 10 64-bit
Memory
8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display
15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms, Adaptive Sync
Graphics
NVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output
2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera
HD 720p CMOS module camera
Connectivity
Wi-Fi 5(802.11ac) 2x2 + Bluetooth 5.0
Audio
DTS:X® Ultra
Battery
48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension
359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH)
Weight
2,3Kg
Colors
Fortress Gray














Berikut ini performa yang didapat saat menjalankan aplikasi game 3D dengan mode operasi yang berbeda:


Game
Silent
Performance
Turbo
Overwatch
1920x1080 Highest
AVG
102.0
143.5
150.9
MIN
90.0
127.7
135.3
MAX
120.0
164.0
172.0
Shadow of the Tomb Raider
1920x1080 Highest
AVG
52.0
83.1
86.8
MIN
0.0
0.0
0.0
MAX
98.5
141.7
141.9
GTA 5
1920x1080 Highest
AVG
39.0
65.7
68.0
MIN
19.4
36.3
33.9
MAX
79.9
123.9
120.1
Far Cry 5
1920x1080 Highest
AVG
45.0
67.0
91.0
MIN
35.3
45.7
74.0
MAX
60.7
84.0
109.0
Assassin’s Creed Odyssey
1920x1080 Highest
AVG
34.7
46.7
47.0
MIN
17.7
25.0
23.7
MAX
66.0
79.3
80.7
Monster Hunter World
1920x1080 Highest
AVG
45.4
63.9
68.3
MIN
39.7
54.7
58.7
MAX
52.7
73.3
79.3
Witcher 3
1920x1080 Highest
AVG
42.5
59.9
61.8
MIN
32.0
55.0
56.3
MAX
48.3
66.7
69.7

Kesimpulan
AMD menghadirkan arsitektur CPU Zen 2 pada jajaran prosesor Ryzen mereka yang menawarkan performa single thread yang tinggi, dan juga performa multithread yang sangat bertenaga untuk multitasking serta workload yang berat. Memanfaatkan prosesor terbaru tersebut, ASUS TUF Gaming A15 FX506 terbukti sanggup memenuhi persyaratan sebagai sebuah laptop gaming modern yang sangat powerful.

Meski tidak sekomprehensif saudaranya dari seri ROG, namun pada versi terbaru TUF Gaming ini, ASUS ingin menegaskan bahwa TUF Gaming kini bukanlah laptop gaming kelas dua. Dan upaya tersebut menunjukkan hasilnya pada laptop ini.

Tentunya penulis pakendek11.com merekomendasikan ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini sebagai laptop gaming pilihan kalian, jika kalian ingin memiliki laptop gaming tapi dengan budget yang terbatas. Melihat dari berbagai sisi yang telah disediakan dan juga melihat dari kemampuan kapasitas laptop ini akan membuat laptop ASUS Gaming dengan Seri TUF Gaming A15 mempunyai berbagai kejutan namun tetap dengan harga yang tidak meroboh kocek kalian terlalu dalam.



Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi