Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan singkat tentang Apa itu Podcast?

Masih Ragu Bikin Podcast? Ini 7 Keuntungan nya! - Waves Indonesia 

pakendek11.com- Beberapa hari terakhir saya sering ditanya tentang Podcast. Beberapa teman saya penasaran akan hal berbau podcasting dan saya akhirnya mencari tahu apa itu podcast dari beberapa sumber dan menulis secara singkat di blog ini.

Yuk sobat simak penjelasan nya !

Apakah kamu sebelumnya pernah mendengarkan podcast? Atau pernah menjadi Podcaster? Podcast sendiri di Indonesia belum begitu familiar. Hanya sebagian orang saja yang tau tentang podcast itu sendiri. 

Di luar negeri seperti di United Kingdom, USA, Korea Selatan, Swedia, spanyol. Pada tahun 2019 Popularitas Podcast terus naik dan peringkat tertinggi pertama ialah Korea Selatan. Podcast cenderung lebih mirip dengan youtube yang membedakan-nya hanya tampilan. Podcast merupakan platform yang berbasis audio. Sedangkan youtube berbasis audio dan video. 
4 Podcast Indonesia yang Menginspirasi Blog Kamu | KURIO
( Sumber : https://kurio.id/ )


Mungkin kamu akan bertanya apakah podcast berbeda dengan radio? Jawaban nya berbeda, meskipun anda pasti melihat podcast dan radio itu sama. Namun sebenarnya tidak sama.

Ada beberapa hal yang membedakan antara Radio dan Podcast.

 1.       Topik Pembahasan
Dalam aspek topik pembahasan, di radio kamu bisa mendengarkan beberapa topik dalam satu tayangan. Seperti : Mendengarkan musik, diskusi politik, kesehatan, pendidikan dan berbagai ulasan bahkan kuliner.
Sedangkan podcast hanya membahas satu topik dan konten-konten secara spesifik dalam satu channel.
 2.       Waktu Penyiaran 
 Pada podcast penyiar bisa punya kebebasan dalam hal waktu untuk menentukan sebuah konten. Dalam podcast penyiar hanya membutuhkan ponsel untuk rekaman, jika Pc atau laptop dan mikrofon belum ada. Podcast juga bisa di unduh dan bisa di dengar kapan saja dan dimana saja.
Sedangkan radio, waktu penyiaran nya hanya beberapa menit saja dan radio tidak bisa di unduh.


Alat – alat yang bisa digunakan dan siapkan dalam proses pembuatan podcast.


  
 - Microfon


Baru Profesional USB Podcast Kondensor Sangat Sensitif PC Mikrofon ...
( Sumber : https://id.aliexpress.com/)
Alat yang pertama kali yang bisa kamu siapkan ialah microfon. Fungsinya adalah membuat suara kamu terdengar lebih jelas saat di record.


Microfon terdiri dari dua jenis ada yang USB dan ada yang analog. Microfon USB merupakan microfon yang tergolong praktis karena bisa langsung mengubah suara kamu menjadi versi digital.


Pada microfon analog, kamu harus mempunyai perangkat tambahan untuk melakukan record.


 - Laptop atau Komputer ( PC )
Laptop atau Komputer ( PC ) berfungsi sebagai pengedit suara kamu jika sudah melakukan record. Pada tahap pengeditan di Komputer (PC) atau Laptop, kamu bisa memotong suara yang tidak diperlukan, menambahkan soundtrack atau Background Music agar podcast kamu tidak terdengar membosankan.

10 Laptop Terbaik Untuk Kantoran dan Karyawan Termurah
( Sumber : https://www.arenalaptop.com/)
Tidak hanya pada tahap pengeditan Komputer (PC) atau Laptop juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mengunggah podcast yang kamu hasilkan ke platform yang dipilih seperti : Spotify, Soundcloud, Anchor, dan lain-lain.


- Smartphone atau Gadget

Bagi kamu yang mempunyai minat didunia podcasting. Namun tidak memiliki budget untuk memiliki peralatan seperti Komputer (PC) atau Laptop dan microfon.


Jangan berkecil hati, kamu bisa membuat podcast dengan menggunakan Smartphone atau Gadget kamu.

Bahaya Gadget Bagi Kesehatan
( Sumber : https://www.hipwee.com/)
Caranya dengan merecord suara kamu di applikasi bawaan Smartphone atau Gadget, lalu mengedit hasil record dengan applikasi editan audio Smartphone atau Gadget ( Cari aja di google playstore ) dan bisa langsung mengunggah ke berbagai platform sesuai hati kamu. 



Perlu kamu ketahui podcaster ( Orang yang memiliki Podcast ) saya melihat  di Indonesia belum ada podcaster yang menerima royalti iklan adsense seperti di youtube. Namun kamu bisa bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha untuk mengiklankan produk nya ke akun podcast kalian.

Dengan syarat listening podcast kamu harus banyak.  Ada juga cara lain agar podcast kamu mendapatkan adsense seperti di youtube. 

Caranya, dengan mengaupload podcast kalian kedalam bentuk video melalui platform youtube seperti yang telah dilakukan selebritas di tanah air ini. Namun harus ada syaratnya juga yaitu subscriber dan viewers nya harus banyak.


Mudah-mudahan pembahasan singkat ini bermanfaat terima kasih kepada seluruh pembaca atas segala perhatian nya.



Sobat yuk listen di channel Podcast saya di : 


Posting Komentar untuk "Pembahasan singkat tentang Apa itu Podcast? "