Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang dapat dilakukan pada Ramadhan di Rumah aja






pakendek11.com- Tidak terasa bulan Ramadhan telah tiba. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dipenuhi kerberkahan bagi Umat Muslim di Seluruh Dunia. Bagi Umat Muslim, Pada bulan Ini ialah bulan yang suci; bulan yang dimana semua do’a akan dikabulkan oleh-Nya. 

Namun pada tahun 2020 kali ini. Ramadhan hadir dengan suasana yang berbeda. Yang dulunya bisa jalan-jalan ngabuburit dikala menunggu waktu berbuka, atau yang biasa melakukan buka bersama dengan teman-teman sekolah; kampus atau yang lainnya. Tapi kali ini tidak bisa dilakukan. 

Lantaran dampak dari sebuah Pandemi Covid-19, Seluruh Umat Muslim yang merayakan Ramadhan di anjurkan berada di rumah aja. Tanpa harus keluar, terkecuali keperluan mendesak.

Bulan Ramadhan Umat Muslim di anjurkan oleh agama dan ajaran Rasulullah SAW. Untuk senantiasa meningkatkan ibadah-nya. Ibadah tersebut antara lain meliputi : Sedekah, Sholat Sunnah, Zakat, Tadarus, berzikir, dan lain sebagainya.
Selain melakukan Ibadah dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimanan. Berikut ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan di Rumah Aja.

1.Membaca Buku Favorit.


Membaca salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat yaitu: mengurangi Stres, Menambah wawasan, memperbanyak Kosakata, memperbaiki memori dan melatih keterampilan berpikir analitis.  Pada Ramadhan kali ini yang dianjurkan dirumah saja. Kegiatan yang satu ini dapat menjadi rutinan yang bisa dilakukan dirumah tanpa melakukan-nya diluar rumah, sambil bersantai menunggu waktu berbuka kegiatan ini sangat memiliki banyak faedah apalagi yang di baca adalah buku-buku religi karangan ustadz-ustadz.

2. Menonton streaming Ceramah

Pada musim pandemi kali ini, banyak sekali penceramah-penceramah yang menayangkan ceramah streaming-nya di youtube, Instagram dan Facebook. Bahkan tidak jarang para penceramah membuka sebuah Class room digital untuk jamaah yang tidak bisa hadir pada kajian. Ajang ini dapat menambah Ilmu agama anda dan keluarga dengan menonton kajian ceramah secara streaming.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga adalah rutinan yang harus dilakukan apalagi di tengah pandemi ini. Dengan berolah raga diri bisa menjadi sehat secara jasmani. Untuk kali ini, Pada suasana Ramadhan saya menyarankan agar tidak melakukan olahraga yang berkontak fisik dengan berat. Cari lah olahraga yang secara ringan dilakukan agar terhindar dari haus dan dahaga dalam bulan suci Ramadhan. Olahraga ringan yang dapat dilakukan ialah Yoga,peregangan, aerobik, dan sebagainya.

4.Masak menu berbuka yang sehat



Daripada beli menu masakan untuk berbuka puasa di luar rumah, ada lebih baiknya anda dan keluarga masak sendiri. Hal ini sangat bermanfaat  yaitu dari segi ekonomi anda bisa berhemat pengeluaran di tengah pandemi, dan anda sendiri bisa memilih menu berbuka puasa yang sehat untu keluarga. Dengan memasak sendiri juga lebih terjamin kebersihan-nya dan tentu memiliki citra rasa yang sangat lezat.


5. Meningkatkan skill pengembangan diri

Mungkin selama beberapa bulan terakhir anda mungkin disibukkan dengan kegiatan yang berada di luar rumah. Kini pada bulan Ramadhan di Rumah aja anda bisa melakukan pelatihan skill untuk diri anda sembari menunggu waktu berbuka. Misalnya: Anda memiliki skill dalam bidang Programming Komputer dan design dalam hal ini anda dapat melatih diri anda dalam pengembangan-nya. Banyak sekali video-video tutorial yang dapat anda ikuti, dan juga banyak platform-platform digital yang menawarkan pelatihan dalam bidang skill anda.


Lima kegiatan berikut dapat anda lakukan pada Bulan Suci Ramadhan di rumah aja. Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi Pembaca yang merayakan.



Posting Komentar untuk "5 Hal yang dapat dilakukan pada Ramadhan di Rumah aja"