Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan dulu nikah muda jika belum punya persiapan





Menikahlah saat diri siap.

pakendek11.com- Akhir- akhir ini pernikahan usia muda masih menjadi berita yang sangat hot dan viral di jagad maya tanah air. Mulai dari masyarakat biasa hingga selebritas tanah air pun kerap melakukan pernikahan di usia muda. Menikah merupakan sebuah hubungan ikatan janji sepasang manusia untuk hidup bersatu, sehidup semati dalam menjalani roda kehidupan.

Menikah muda pada dasarnya didalam hukum agama memang lah sangat baik. Terlebih dengan menikah manusia bisa terhindar dari sifat keburukan seperti; Zina pada umumnya.
Jika anda ingin melakukan pernikahan harus dipikirkan matang-matang dan harus mempunyai persiapan yang begitu banyak. Dari segi mental dan material harus benar-benar dipersiapkan.  Sebab, hubungan pernikahan itu bukan hanya dilakukan satu hari atau dua hari melainkan dijalani untuk selama-lamanya.

Disamping itu menikah muda masih dianggap belum begitu matang baik secara psikologis maupun mental. Namun, tidak sedikit orang tua yang masih menginginkan anaknya untuk dijodohkan agar anaknya dapat menikah sedini mungkin.

Belum pernah penulis mendengar bahwa menikah muda menyalahi aturan, namun kebanyakan orang menganggap bahwa menikah muda itu sama saja dengan kecerobohan. Sebab kebanyakan dari segi usia pasangan yang menikah muda belum siap secara mental maupun finansial.

Tidak kebanyakan anak muda yang melakukan pernikahan usia muda masih menggantungkan kehidupan finansial nya kepada keluarga. Padahal mereka sudah berkeluarga seharusnya mereka hidup secara mandiri dengan keluarga baru bersama pasangannya bukan?

Namun tidak kebanyakan pula anak muda yang melakukan pernikahan diusia yang masih terbilang muda siap melakukan pernikahan. Sebagai contoh; anak muda yang sudah terlatih mandiri secara finansial maka jika dia mau melakukan nikah muda muda sah-sah saja.

Saat ini nikah muda menjadi salah satu trend. Namun anda harus tahu bahwa masa depan itu cukup panjang. Mengingat jika seseorang manusia melakukan pernikahan muda maka waktu untuk mengeksplorasi diri terbatas.

Pada fase Muda biasanya fase yang cukup produktif, dimana seseorang mulai menjadi pengeksplor diri serta ingin menambah pengalaman dan ilmu di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi. Pertanyaannya, Jika sudah berkeluarga apakah bisa melakukan itu? Jawaban yang tepat ada ditangan anda sendiri.

Biasanya di Usia 20-an merupakan usia yang gemar dan bebas mengekspresikan diri. Tapi bagi anda yang ingin melakukan pernikahan muda, anda harus rela mengorbankan masa muda untuk mengurus rumah tangga dan keluarga.

Kekhawatiran menikah diusia muda mungkin akan terjadi. Mengingat banyaknya usia yang belum cukup untuk menjalani hidup rumah tangga. Usia muda rentan dengan pikiran yang belum matang. Bukan hal yang mustahil jika salah melangkah, banyak kasus perceraian yang bisa terjadi.

Intinya jika anda,  ingin melakukan nikah diusia muda carilah pasngan yang memiliki akhlak dan moral agama yang baik, dan yang bertanggung jawab terhadap keluarga agar kehidupan rumah tangga anda bisa harmonis kedepannya.

Nikah diusia muda memang tidak salah. Namun jika anda ingin melakukannya haruslah mempunyai persiapan yang cukup dan dipikirkan secara matang. Agar, pernikahan yang telah dilakukan tidak menjadi sebuah konflik yang berkepanjangan. Persiapkanlah dulu diri baru nikahi pasangan yang kita incari.




Posting Komentar untuk "Jangan dulu nikah muda jika belum punya persiapan"