Ini dia! Cara mengatasi kecanduan media sosial yang paling tepat

 

Ini dia! Cara mengatasi kecanduan media sosial yang paling tepat


Saat ini media sosial telah mengubah cara manusia untuk berkomunikasi. Dahulu manusia sangat sulit untuk melakukan komunikasi, namun semenjak ada media sosial manusia sangat mudah untuk berkomunikasi. 

Namun dibalik kemudahan menggunakan media sosial dan manfaat yang diberikan nya. Ada juga dampak negatif yang perlu kamu ketahui terkait penggunaan media sosial. 


Kecanduan media sosial ialah suatu dampak yang negatif ketika kamu keseringan menggunakan nya. Diketahui bahwa ternyata kecanduan media sosial lebih parah ketimbang kecanduan narkotika dan alkohol.


Ciri-ciri orang kecanduan media sosial.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu ketahui untuk ciri-ciri kecanduan ini :


1.Mengalihkan pikiran dari kewajiban agama.

Sekarang membaca status, menscroll media sosial lebih penting ketimbang membaca kitab suci. Media sosial terkadang dapat melalaikan seseorang untuk melakukan suatu ibadah.contohnya : jika sudah waktu salat, kita sering lalai dan masih asyik untuk melihat-lihat sosmed.


2.Selalu menganggap remeh dan rendah terhadap orang tidak bermain medsos


Saat mendengar teman atau sahabat yang tidak bermain medsos. Kamu yang sudah bermain medsos duluan akan merasa jumawa, merasa tinggi hati terhadap teman kamu yang baru bermain medsos. 


Kamu pastinya akan merasa agak kurang nyaman bergaul pada teman yang baru bermain medsos. Dikarenakan teman kamu itu kudet.


3.Masuk di media sosial telah menjadi ritual


Coba hitung berapa banyak kamu sudah membuka media sosial hari ini ? Dari bangun tidur hingga tidur lagi, kamu pasti sudah sering membuka media sosial. 

Akhir-akhir ini kamu juga sering melihat fenomena baru yaitu ritual membuka media sosial setelah bangun tidur. Padahal kebiasaan ini jika terus dilakukan dapat berdampak negatif. Daripada kamu bangun tidur langsung scroll tik-tok dan media sosial lainnya, mendingan diganti dengan kebiasaan membaca buku.


4.Selalu merasa khawatir jika tidak membuka medsos

Pernahkah kamu merasa selalu merasakan khawatir jika satu hari saja kamu tidak membuka medsos? Rasa khawatir ini timbul diakibatkan adanya kekalutan jika tidak sampai update berita yang sedang hangat atau trending topic di media sosial.


5.Langsung down, jika tidak ada koneksi internet

Ketika akses internet mengalami gangguan atau kamu sedang berada didaerah yang tidak ada akses internet. Kamu pasti merasakan bad mood, galau yang amat terdalam, bukan sebab kamu tidak mengetahui sebuah informasi terbaru. Namun kamu merasa tidak akan mengupdate dan share kegiatan kamu di medsos. 


Bagaimana cara mengatasi kecanduan media sosial ?


1. Hapus medsos

Menghapus medsos pada laptop dan android yang sering membuat kamu ketagihan merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan media sosial. Walau usaha ini berat, namun kamu harus melewatinya.


2. Matikan ponsel saat berkegiatan


Untuk kamu yang ingin menghilangkan rasa kecanduan bermain media sosial, apalagi disaat bekerja atau sekolah.


Biasakanlah matikan ponsel atau segala aktivasi notifikasi medsos mu saat lagi melakukan kegiatan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus saat mengerjakan sesuatu.


3. Membuat jadwal


Buatlah dan aturlah waktumu mulai dari sekarang untuk bermain medsos. Beri jatah kapan kamu harus mulai membuka medsos atau berhenti sejenak bermain medsos.


Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengatur alarm di ponsel mu saat kamu ingin membuka atau berhenti bermain medsos.


4. Letakkan segala perangkat internet diluar kamar


Jika kamu memiliki perangkat internet seperti laptop atau ponsel yang terhubung di internet usahakan perangkat tersebut jangan kamu letakkan dikamar, hal ini bertujuan untuk agar kamu bisa fokus istirahat tanpa ada yang mengganggu.


5. Sering melakukan aktivitas tanpa menggunakan internet

 Kamu harus sering melakukan aktivitas yang membuat kamu sejenak untuk tidak bermain medsos, seperti membaca buku, ikut webinar, olahraga, atau kumpul keluarga.


Demikianlah cara mengatasi kecanduan media sosial yang paling tepat yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini dan selamat menerapkan. Jika kamu suka dengan tulisan nya silahkan share ke teman-teman, pacar, mantan pacar, bahkan keluarga kamu.


Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi