Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Philophobia, Kalian harus Tahu !

Cara Mengatasi Philophobia, Kalian harus Tahu !





Cara Mengatasi Philophobia, Kalian harus Tahu !- Saat masa remaja, kalian pasti sudah merasakan jatuh cinta. Jatuh cinta sebenarnya perasaan yang lumrah terjadi pada manusia. Setiap manusia pasti pernah merasakan apa yang namanya jatuh cinta.

Namun jatuh cinta tidak selamanya berlangsung begitu indah. Tidak sedikit manusia yang merasakan pengalaman pahit saat jatuh cinta. Pasti juga ada yang merasakan sakit hati bahkan patah hati.

Kalian pasti bertanya apakah ada fobia jatuh cinta untuk orang yang sedang patah hati ? Kalau ada apa nama penyakitnya ? Dan pernahkah kalian mendengar apa itu Philopobia ? Disini saya akan membahas bagaimana mengobati dan mengatasi philophobia. Simak ya !


Philophobia dan Penyebabnya

Sebelum memasuki cara mengatasi Philophobia. Kalian wajib tahu dulu arti dari philophobia itu apa. Philophobia adalah sebuah rasa ketakutan yang terjadi pada orang yang ingin jatuh cinta, dan saat jatuh cinta atau orang yang takut menjalani sebuah hubungan percintaan dengan orang lain.

Penyebab dari philophobia ini ialah rasa trauma atau luka pada masa lalu yang lebih dirasakan seseorang pada saat menjalin hubungan percintaan. Bisa juga orang yang sedang mengalami broken home pada keluarganya atau orang yang enggan menjalin hubungan percintaan atau pendekatan dengan orang lain pada alasan tertentu.  

Orang-orang seperti ini cenderung mengembangkan rasa takutnya yang menyebabkan mereka lebih menghindari sebuah hubungan. Fobia ini harus segera disembuhkan bagi kelangsungan penderita nya.


Cara Mengatasi Philophobia


Fobia ini merupakan sebuah kecemasan yang bisa dikelola secara pribadi oleh si penderita sebelum gejalanya semakin parah. Cara mengatasi philophobia juga akan bergantung pada seberapa parah orang yang mengalaminya.

Berikut cara mengatasi philophobia yang wajib kalian ketahui :


1.Merubah gaya Hidup 

Merubah gaya hidup merupakan salah satu rekomendasi dari dunia kedokteran untuk mengatasi perasaan kecemasan yang akan timbul. Kalian harus banyak berakitivitas fisik dengan berolahraga, bersilaturrahmi, meningkatkan ibadah dan belajar untuk berikhlas.

2.Konsultasi ke orang yang tepat

Jika kalian masih mengalami perasaan cemas pada saat jatuh cinta, maka kalian wajib mencari seseorang untuk berkonsultasi dan menyakan solusi terhadap masalah yang kalian alami.

3.Lakukan Terapi

Tahap yang ketiga ialah kalian wajib melakukan terapi. Terapi ialah jenis pengobatan yang bisa dicoba oleh penderita fobia ini khususnya terapi yang berjenis perilaku kognitif atau cognitive behaviorial therapy ( CBT ). Terapi ini dinilai lebih tepat untuk mengatasi ketakutan yang dialami penderita.

Terapi CBT telah membuktikan hasil yang efektif yang berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk pada gangguan kecemasan. Terapi ini juga diasosiasikan dengan peningkatan kualitas hidup pada pasien dengan permasalahan gangguan pada kecemasan.

4.Memakan Obat-Obatan

Memakan obat-obatan di khususkan bagi penderita dengan kasus yang sudah mulai mengganggu kinerja fisik dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk masalah ini dokter kemungkinan akan memberikan resep berupa obat antidepresan atau obat anti-kecemacasan . jika masalah kesehatan mental yang dapat dianalisis.


Ketahuilah bahwa penyakit philophobia ini dapat menyerang siapa saja. Jika kalian mengenal seseorang yang mengidap penyakit philophobia, kalian bisa memberinya motivasi dan dukungan atau support positif.  Jika masih berlanjut, disarankan untuk memeriksakan penderita ke psikolog terdekat agar penyakit yang dialami penderita dapat segera ditangani.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Philophobia, Kalian harus Tahu !"