Apakah Layak Seorang anak kecil diberikan ponsel pintar?

 

Apakah Layak Seorang anak kecil diberikan ponsel pintar?




Apakah Layak Seorang anak kecil diberikan ponsel pintar?-Teknologi pada saat ini sudah memasuki era perkembangan yang begitu pesat. Bahkan dengan kehadiran teknologi saat ini sudah hadir dengan berbagai fungsi yang serba bisa. Mulai dari Teknologi robotic, teknologi Otomotif, sampai ke ramah teknologi informasi dan lain sebagainya. Hadirnya berbagai perkembangan teknologi saat ini sangat membantu bagi kebutuhan hidup umat manusia.

Contoh yang paling mendasar ialah Handphone atau biasa disebut dengan HP. Handphone merupakan salah satu teknologi berbasis seluler yang ada di dunia. Dikutip dari laman kompas.com bahwa teknologi seluler masuk ke Indonesia dimulai pada tahun 1984 dengan berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone ( NMT ).

Baru ditahun 1985 -1992 ponsel sudah mulai tersebar diberbagai daerah di Indonesia, namun saat itu ponsel tidak dapat dimasukkan ke dalam saku celana. Karena bentuknya lumayan besar  dan panjang, berat nya saja rata-rata 430 gram ( hampir mendekati setengah kilogram ). Dulu juga harga ponselnya tidak begitu murah.

Kini walaupun harga nya masih bisa dikatakan lumayan mahal. Tapi siapa sih yang saat ini tidak mempunyai hp? Semua orang memiliki benda ini. Mulai dari yang dewasa hingga anak balita pun sudah diberi hp.

Dulu waktu saya masih SMP bahkan SD yang masih cinta-cintaan monyet dengan si dia. Hp hanya bisa digunakan untuk menulis pesan singkat dan menelpon saja. Namun saat ini Hp memiliki fungsi yang Multitasking atau serbabisa.

Selain untuk menelpon dan mengirim pesan singkat  Hp juga bisa untuk Video Call, bermain game online yang hampir setara dengan game PC, chat-an gebetan menggunakan sosial media, pesan-pesan barang melalui via online, pesan-pesan makanan melalui ojek online, bahkan urusan administrasi pemerintahan sudah menggunakan Hp.

Saat ini mayoritas kita sering kali melihat anak-anak sudah memiliki hp, walaupun terkadang ada anak yang meminjam hp sanak keluarga atau orang tuanya karena tingkat perekonomian keluarganya masih rendah.

Dampak Positif Anak diberi Hp


Dampak positif jika kita memberikan anak sebuah ponsel yang saya riset dari berbagai artikel di internet ialah mengenalkan anak pada dunia teknologi sejak dini sehingga jika sudah tua nanti si anak tidak mengalami gaptek, menjadikan anak lebih pintar dan bijak dalam memilih berbagai informasi hal ini bisa menambah wawasan pengetahuan anak ketika mendapatkan sebuah informasi edukasi.

Dampak Negatif Anak diberi Hp


Dampak negatif besar yang mungkin orang tua pikirkan ialah dapat mengurangi rasa sosialisasi antar lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini anak yang sudah kecanduan banget dengan hp akan lebih memilih berdiam diri dirumah untuk bermain hp dibandingkan untuk bersosialisasi dan bermain keluar dengan teman-teman disekitarnya.

Kesimpulan


Sebenarnya, tidak jadi masalah jika anak kecil diberi Hp. Namun hal ini jangan menjadikan anak tersebut kecanduan dalam bermain hp. Harus ada pengawasan yang ketat dari orang tua anak. Misalnya, dalam bermain hp hanya dibatasi satu jam per hari atau kalau belajar dan browsing-browsing di Internet anak harus diawasi. Jangan sampai teknologi yang fungsinya memudahkan sehala urusan malah jadi petaka buat kita semua.

Terima kasih,
Salam Manis...
Pak Endek

Harap tinggal kan Komentar dibawah ya !

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi