Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google down sempat terjadi lagi, ini ternyata penyebabnya.

pakendek1.com- Pihak dari google indonesia menyampaikan permohonan maaf mereka kepada pengguna setelah melihat seluruh layanannya Down atau tumbang serentak pada Senin ( 14/12 ) malam. Dalam hal ini pihak google memberikan konfirmasi bahwa penyebab dari gangguan tersebut disebab kan oleh ” Adanya masalah Kuota penyimpanan internal”.


Google down sempat terjadi lagi, ini ternyata penyebabnya.



Tepat pada hari senin ( 14/12) sekitar pukul 18.47 WIB, pada situs web Downdetector mencatat bahwa ada 9.243 laporan yang masuk terkait perihal Google down. Hal ini tidak hanya berdampak hanya bagi pengguna di Indonesia saja namun juga berdampak di beberapa negara seperti : Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan bebeberapa negara di eropa seperti :  Inggris, Polandia, Hungaria, Italia, hingga spanyol.

Dalam menanggapi perihal masalah tersebut, pihak dari Google Indonesia mengakui bahwa ada sistem mereka yang sempat bermasalah. Perusahaan ritel teknologi asal Amerika Serikat itupun meminta maaf kepada seluruh pengguna yang merasa terdampak.

Berikut pernyataan resmi dari perwakilan Google Indonesia kepada kumparanTECH :


” Hari ini (Senin), pukul 03:47 pagi PT (18:47 WIB) Google mengalami gangguan sistem autentikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal. Layanan yang mengharuskan pengguna untuk log in mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini. Masalah sistem autentikasi diselesaikan pada jam 04:32 pagi PT (19:32 WIB). Semua layanan sekarang telah dipulihkan. Kami meminta maaf kepada semua orang yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang.”

Google down menyebabkan hampir seluruh layanan produk goole tumbang secara serentak. Layanan itu terdiri dari : Youtube, Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Sites, Google Groups, Google Hangouts, Google Chat, Google Meet, Google Vault, Currents, Google Form, Google Cloud Search, Google Voice, Admin console, Google Analytics, App Maker, Google Maps, Blogger, Google Sync For Mobile, Classroom.

Namun demikian, sebagian pengguna masih menyadari bahwa kalau selama gangguan para pengguna masih dapat mengakses layanan Google namun dalam mode Incognito di browser Chrome.

Tapi perlu diketahui, sebelum layanan Google down yang terjadi kemarin secara serentak, layanan video Streaming Youtube sempat juga mengalami down pada tanggal 12 November 2020. Saat itu, pengguna youtube diseluruh dunia termasuk Indonesia merasa resah akibat pemutaran video menjadi lambat dan hanya dapat melihat loading yang tidak kunjung usai.

Tidak hanya sekali, google juga pernah sempat mengalami down  berikut catatan nya !


1. 7 Oktober 2020


Saat itu sejumlah layanan yang paling populer digunakan seperti Gmail, Youtube, hingga Google Docs sempat mengalami down selama kurang ebih 30 menit. Pengguna yang terdampak berada di Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat.

2. 25 September 2020


Layanan google seperti Google meet, Google Classroom, Google Dribe, Hingga Google Docs juga sempat mengalami gangguan massal. Gangguan ini berdampak pada beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Jerman, Italia, dan Australia. Kala itu, gangguan terjadi pada pagi hari dan sempat membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) sempat dihentikan.


3. 20 Agustus 2020


Layanan google seperti Gmail, Google Meet, Youtube, Dribe, hingga docs sempat down  selama 6 jam. Hal ini terdampak pada pengguna di beberapa negara seperti : Indonesia, Meksiko, Spanyol, Jerman India, Malaysia, Jepang dan lainnya.  Atas terjadi nya masalah seperti ini kala itu, pihak google juga meminta maaf atas ketidaknyamanan pengguna atas layanan mereka tersebut.



Semoga Bermanfaat.....

Jika ingin memasang banner Iklan secara gratis di blog ini silahkan hubungi admin penulis dengan menghubungi akun E-mail yang tertera dan jangan lupa untuk berlangganan gratis di blog ini untuk dapat update tulisan setiap saat dan jangan lupa klik gambar pak endek bercerita dan follow instagramnya!

2 komentar untuk "Google down sempat terjadi lagi, ini ternyata penyebabnya."